USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Festival Mural: ”Menyalakan Khazanah Tradisi Dalam Modernisme”

diupdate: 5 tahun yang lalu



Universitas Sanata Dharma (USD) pada hari Sabtu (12/10) menyelenggarakan Festival Mural dengan tema “Menyalakan Khazanah Tradisi Dalam Modernisme”, bertempat di Kampus 2 USD. Festival Mural yang diadakan dalam rangka memeriahkan Dies Natalis ke-64 USD ini merupakan kompetisi berbasis budaya yang terbuka untuk umum, diikuti oleh 40 tim mural yang terdiri dari 6 tim kategori SMA/SMK, dan 34 tim kategori mahasiswa dan umum.

Tujuan dari kegiatan ini adalah menghidupkan kembali budaya yang telah surut di kalangan generasi milenial dan mengekspresikan ide dan karya seni yang ada dalam setiap individu yang terlibat. Ketua panitia Festival Mural, Michael Chandra Buana Nugroho Wijanarko mengatakan karya seni yang dituangkan dalam seni mural merupakan sarana pengingat, bahwa bangsa Indonesia masih memiliki beragam budaya yang bagus dan wajib dilestarikan. Selain itu, setiap orang juga harus menghidupkan kembali khazanah tradisi dalam modernisme yang berlangsung dalam keseharian hidup bersama.

Festival Mural diawali dengan sambutan oleh ketua panitia, kemudian dilanjutkan oleh F.X. Ouda Teda Ena, M.Pd., Ed.D. selaku Ketua Dies ke-64 USD. “Walaupun USD tidak memiliki fakultas seni tetapi kegiatan berkesenian seperti ini selalu kami dukung demi pengembangan seluruh bidang kehidupan manusia. Kami mengucapkan terimakasih atas keterlibatan seluruh peserta.” ucap Ketua Dies yang juga menjabat Wakil Rektor 4 USD.

Selanjutnya peserta Festival Mural menuju lokasi tembok sisi selatan Kampus 2 USD, yang telah tersedia dan peserta langsung menuangkan karya seni muralnya. Kegiatan ini ditutup dengan pengumuman pemenang dan pembagian hadiah. Para pemenang adalah Tim “King Go” sebagai Juara dalam Kategori Semar (Pemaknaan Karya) dengan judul karya “Kebersamaan untuk Kehangatan”; Tim “Milky Way” sebagai Juara dalam Kategori Khrisna (Keselarasan dengan Tema) dengan judul karya “Sadar”; Tim “Sobat Miskin Crew” sebagai Juara dalam Kategori Wisanggeni (Keunikan Karya) dengan judul karya “Milenial Berbudaya”; Tim “Academy Olimpiade” sebagai Juara dalam Kategori Yudhistira (Orisinalitas Karya) dengan judul karya “Budaya Menyatukan”, dan Tim “Cecep Art” sebagai Juara dalam Kategori Arjuna (Kompleksitas Karya) dengan judul karya “ Dongkrak Hubungan Sosial Era Generasi Z”.



(GSEP & PB)

  kembali