USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Study Tour Mahasiswa Kerjasama USD: Ajang Kenali Sejarah Yogyakarta

diupdate: 5 tahun yang lalu



Bersama dengan 176 mahasiswa kerjasama, pada hari Sabtu (21/9), Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional (BKHI) Universitas Sanata Dharma (USD) mengadakan kegiatan study tour. Para peserta study tour kali ini adalah mahasiswa angkatan 2015-2019 yang berasal dari kerjasama Nias Barat, Mahakam Ulu, Micronesia, Pemerintah Daerah Asmat, Keuskupan Manokwari-Sorong, Keuskupan Asmat YUPP, Ordo Scholarum Piarum, Pemerintah Daerah Merauke, Mentawai APTIK, Keuskupan Ketapang, LPMAK, dan Mappi. Selain itu, BKHI juga mengajak para mahasiswa peserta Darmasiswa yang berasal dari berbagai negara untuk mengikuti kegiatan ini agar mereka dapat memperluas wawasan mereka mengenai kota Yogyakarta dan dapat berinteraksi langsung dengan para mahasiswa kerjasama yang memiliki latar belakang berbeda-beda.

Beberapa destinasi wisata terkenal di Yogyakarta menjadi tujuan study tour kali ini. Kegiatan dimulai dengan sarapan di Hotel Grand Inna Malioboro sebelum akhirnya melakukan perjalanan singkat untuk mengunjungi Keraton Yogyakarta. Setelah puas mempelajari istana Kesultanan Yogyakarta ini, para peserta study tour diajak untuk mengunjungi Tamansari yang merupakan bekas taman istana Keraton Yogyakarta. Kegiatan dilanjutkan dengan makan siang di Sendang Ayu Resto. Perjalanan berlanjut menuju Candi Ratu Boko, sebuah situs peninggalan sejarah yang merupakan reruntuhan sebuah kerajaan. Setelah puas mempelajari sejarah candi ini, para peserta diajak untuk mengunjungi Candi Prambanan. Sebelum akhirnya makan malam dengan ditemani oleh pemandangan candi, kegiatan ini ditutup cantik dengan pertunjukan Dramatari Roro Jonggrang, sebuah dramatari yang menceritakan kisah cinta di balik berdirinya kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia ini.

Dengan adanya kegiatan ini, para pesertabanyak belajar mengenai kota Yogyakarta dari berbagai situs peninggalan sejarahnya. Selain itu, kegiatan ini juga dapat mempererat hubungan antar mahasiswa kerjasama, termasuk dengan para mahasiswa peserta Darmasiswa. Harapannya, kegiatan seperti ini dapat terus berlangsung agar para mahasiswa kerjasama dapat semakin mengenal kota Yogyakarta dan cerita-cerita di baliknya.

(SPP & DR)

  kembali