USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Peserta Darmasiswa Bergabung dengan UKM USD

diupdate: 5 tahun yang lalu



Enam belas peserta Darmasiswa akhirnya bergabung dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Sanata Dharma (USD). Sebelumnya, pada orientasi Darmasiswa yang diadakan oleh Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional (BKHI) USD pada hari Kamis (5/8), BKHI mengundang beberapa UKM seperti Kempo, Grisadha, Aikido, Karawitan, Tutu Ballet Club, Basket, dan Teater Seriboe Djendela untuk memperkenalkan UKM mereka kepada 16 peserta Darmasiswa. Antusiasme peserta Darmasiswa sangat terlihat dari ketertarikan mereka untuk bergabung dalam beberapa UKM dalam waktu yang sama. Diharapkan dengan mengikuti UKM yang ada, peserta Darmasiswa dapat bersosialiasi dengan mahasiswa sekaligus menyalurkan bakat atau minat mereka.

Ketika ditemui (pada hari Senin 9/9) UKM Aikido kedatangan 6 peserta Darmasiswa yang ingin bergabung. Keenam peserta tersebut adalah Evgenii Erofeev dan Almira Khalikova dari Rusia, Somboutphone Panyanouvong dari Laos, Katazhyna Liaudtskaya dari Belarus, Emil Pashayev dari Azerbaijan, dan Gabriela Olszewska dari Polandia. Semangat mereka tampak jelas dari keinginan mereka untuk mempelajari gerakan-gerakan dasar di Aikido dibantu dengan anggota UKM lainnya.

“Sejak saya bergabung di UKM ini, saya merasa semua anggota bekerja keras untuk membantu dan mengajar kami. Saya sangat kagum. Mereka sangat ramah dan membantu. Mereka membuat saya nyaman dan sangat menikmati latihan ini.” ujar Somboutphone Panyanouvong atau yang kerap dipanggil Ve ketika ditemui saat berlatih Aikido. Ve juga berharap, dengan turut serta dia dalam bergabung dalam UKM dapat menambah teman dan relasi selama 10 bulan ke depan. Salah satu anggota UKM tersebut juga berharap dapat berdinamika bersama dengan peserta Darmasiswa dan mereka dapat memperkenalkan Aikido di negara asal masing-masing.

Selain UKM Aikido, masih banyak UKM lain yang diikuti oleh para peserta Darmasiswa seperti Mapasadha, Pengabdian Masyarakat, Basket, Tutu Ballet, Kempo, Karawitan, Teater Seriboe Djendela, Grisadha, dan lain-lain. Dengan bergabungnya peserta Darmasiswa dalam UKM, tak hanya dapat bersosialisasi tapi juga diharapkan para peserta Darmasiswa dapat memberi warna baru bagi UKM-UKM yang ada di USD, sehingga mereka dapat saling mengenal baik secara pribadi, mengenal budaya satu sama lain maupun mengenal keberagaman yang ada di dunia ini.

(DR & SPP)

  kembali