USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Diklat Penguatan Kepala Sekolah Tahun 2019 Kerjasama USD dengan LPPKS Kemdikbud

diupdate: 11 bulan yang lalu




Lembaga Penyelenggara Diklat (LPD) Universitas Sanata Dharma (USD) bekerjasama dengan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan Diklat Penguatan Kepala Sekolah Tahun 2019. Kegiatan ini diselenggarakan selama 8 hari yang dibagi menjadi dua gelombang, tanggal 9-16 September 2019 untuk pelaksanaan Gelombang 1 dan tanggal 17-23 September 2019 untuk pelaksanaan Gelombang 2. Pembukaan diklat masing-masing gelombang dilakukan oleh Rektor USD, Drs. Johanes Eka Priyatma, M.Sc., Ph.D. Diklat dilaksanakan di Hotel Cailendra di Jalan Taman Siswa Yogyakarta.

Pius Nurwidasa P., Ed.D. selaku Ketua Panitia Diklat menuturkan bahwa tujuan diadakan diklat ini adalah untuk mensertifikasi Kepala Sekolah sesuai dengan Permendikbud No. 6 Tahun 2018. Sampai saat ini sekitar 31000 Kepala Sekolah di Indonesia belum memiliki sertifikat Kepala Sekolah. USD bekerjasama dengan LPPKS Kemdikbud menyelenggarakan diklat bagi 225 Kepala Sekolah TK dan SD di Kabupaten Kulon Progo baik negeri maupun swasta. Dalam Permendikbud No. 6 Tahun 2018 Kepala Sekolah yang sedang menjabat dan belum memiliki Surat Tanda Tamat Pendidikan, wajib mengikuti dan wajib lulus pelatihan penguatan Kepala Sekolah.

Lebih lanjut Ketua Panitia Diklat menyampaikan bahwa materi yang diberikan kepada peserta dikemas dalam bentuk workshop sebanyak 71 jam pertemuan. Pengajar diklat berasal dari dosen USD dan dari Pengawas Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo. Berdasarkan SOP diklat, peserta dibagi menjadi tiga kelompok dengan peserta maksimal 40 orang tiap kelompok dan dibimbing oleh dua pengajar. Penganjar yang memberikan penguatan bagi Kepala Sekolah telah memiliki sertifikat khusus pengajar.

(BGP & PB)

  kembali