USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

UKM Karawitan USD Adakan Pagelaran Wayang Kulit Dua Dalang Dua Kelir “Sang Gathotkaca”

diupdate: 5 tahun yang lalu



Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Karawitan Universitas Sanata Dharma (USD) pada hari Sabtu malam (14/9) menggelar acara pagelaran wayang kulit dua dalang dua kelir. Pagelaran wayang kulit tahun ke-7 yang diselenggarakan di Panggung Terbuka Kampus II USD ini  menghadirkan bintang tamu Marwoto, seniman Yogyakarta. Dengan mengambil tema “Sang Gathotkaca”, UKM Karawitan berkolaborasi dengan 2 dalang lulusan program studi Magister Ilmu Religi dan Budaya USD yakni Ki Hariyanto Atmo Juwono (Hariyanto, S.Sn., M.Hum.) dan Ki Wahono Simbah (Wahono, S.Sn., M.Hum.). Romo Gregorius Budi Subanar, SJ selaku pembimbing UKM Karawitan mengatakan bahwa tema “Sang Gathotkaca” menggambarkan proses studi di USD, mulai saat menjadi mahasiswa baru, berproses dalam pendidikan, hingga pada akhirnya mahasiswa dapat diwisuda.

Panitia pagelaran wayang kulit tersebut telah mempersiapkan kegiatan ini selama 6 bulan bersama dengan pembimbing UKM Karawitan. Kegiatan ini juga didukung oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman. Seperti yang disampaikan oleh Kepala Bidang Peninggalan Budaya, Nilai, dan Tradisi, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman, Drs. Sumarjana “Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman sangat mengapresiasi kegiatan pagelaran wayang kulit di USD. Kegiatan ini untuk nguri-nguri kabudayan Jawi (melestarikan budaya Jawa) dan turut berpartisipasi aktif dalam mewujudkan salah satu visi Kabupaten Sleman yaitu menjadi masyarakat yang berbudaya”.

Pagelaran wayang kulit “Sang Gathotkaca” dibuka dengan sambutan ketua panitia Gregorius Wenang (mahasiswa Program Studi Manajemen USD), dilanjutkan sambutan oleh pembimbing UKM Karawitan, dan yang terakhir sambutan oleh Wakil Rektor II USD, Drs. Aufridus Atmadi, M.Si. Pagelaran wayang kulit ini dibuka secara simbolis penyerahan wayang kulit kepada 2 dalang. Kegiatan pagelaran wayang kulit “Sang Gathotkaca” disampaikan dengan 3 bahasa, yaitu Bahasa Jawa, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan setelah proses pewayangan berakhir, hadirin dihibur oleh bintang tamu, yaitu Marwoto. Saat menghibur para hadirin, bintang tamu turut didampingi oleh pembimbing UKM Karawitan dan kedua dalang. Penonton terdiri dari mahasiswa, orangtua/wali mahasiswa, dan masyarakat. Kegiatan ini ditutup dengan pembagian doorprize, penyerahan plakat kepada kedua dalang, dan ditutup dengan doa.

Dari keseluruhan acara ini, Gregorius Wenang Setyapraja selaku ketua panitia menyampaikan “Mewakili keseluruhan keluarga UKM Karawitan USD, kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dan partisipasinya. Serta besar harapan kami terkhusus untuk teman-teman mahasiswa, mari kita terus berperan aktif dalam melestarikan kebudayaan, bukan hanya wayang kulit saja tetapi juga budaya masing-masing. Jangan sampai budaya kita luntur karena tergerus zaman”.

(GSEP & VS)

  kembali