USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Tim Mahasiswa Fakultas Psikologi USD Raih Juara 3 Lomba Debat PICASO 2019

diupdate: 5 tahun yang lalu



Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma (USD) mengikuti acara Psychology Soegijapranata Academic Competition (PICASO) 2019. Acara ini diselenggarakan pada tanggal 11-13 Juli 2019 oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata Semarang. PICASO 2019 mengadakan 1 cabang lomba yaitu Lomba Debat. Fakultas Psikologi USD mengirimkan 1 tim dari Unit Kegiatan Fakultas (UKF) Debat yang terdiri dari Erick Wang, Jovina Jodiputri, dan Angelina Ekadiana WM.

Lomba Debat diikuti oleh 24 tim dari 19 Universitas di Pulau Jawa. Pada 3 babak penyisihan, Tim dari UKF Debat Fakultas Psikologi USD berhasil memenangkan 3 kali pertandingan. Hal tersebut menjadi tiket untuk maju ke babak perempat final. Pada babak perempat final USD berhasil memenangkan pertandingan dan melaju ke babak semifinal. Pada akhirnya, Tim dari UKF Debat Fakultas Psikologi USD berhasil meraih Juara 3 Lomba Debat PICASO 2019.

Dalam kegiatan ini mahasiswa diajak untuk mampu berpikir kritis terhadap masalah dan memandangnya dari berbagai perspektif serta membahasnya menggunakan pendekatan psikologi, selain itu mahasiswa juga dapat terlatih untuk mampu berbicara di depan umum. Jovina sebagai anggota Tim UKF Debat Fakultas Psikologi USD menyatakan bahwa melalui kegiatan ini ia berhasil mengalahkan segala ketakutannya. Angelina yang juga sebagai anggota tim menyatakan bahwa melalui kegiatan ini mahasiswa bisa menjalin relasi dengan universitas lain dan saling bertukar informasi. Melalui hal itu mahasiswa dapat saling belajar dan mengembangkan dirinya. Erick yang juga sebagai anggota tim merasa bangga terhadap usaha tim yang selama kurang lebih sebulan intensif bertemu dan melakukan latihan. “Bangga juga sama tim yang tetap bisa memberikan yang terbaik walaupun sempat ngedown sebelum final, dan terharu bisa meraih Juara 3 dan mengharumkan nama Universitas Sanata Dharma terutama Fakultas Psikologi.” kata Erick. Dia berpesan kepada siapapun yang berkompetisi mewakili Universitas maupun Fakultas untuk melakukan yang terbaik, berkomitmen, tetapkan tujuan, percaya usaha tidak akan mengkhianati hasil. Dengan demikian, perlombaan yang diikuti merupakan kesempatan bermakna yang tak terlupakan.

(AE)

  kembali