USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

SDU Summer Program 2019: Perkenalan Bahasa dan Budaya Indonesia kepada Mahasiswa Konkuk University

diupdate: 5 tahun yang lalu


Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional (BKHI) Universitas Sanata Dharma (USD) pada hari Selasa (2/7) menyambut kedatangan 15 mahasiswa dan 1 pendamping, Ms. Mideum Kang, dari Konkuk University, Korea Selatan. Kedatangan rombongan tersebut dalam rangka mengikuti kegiatan Sanata Dharma University (SDU) Summer Program 2019. Sanata Dharma University Summer Program adalah sebuah bentuk kegiatan kerjasama tahunan antara USD dan Konkuk University yang bertujuan untuk memperkenalkan bahasa dan budaya Indonesia kepada para peserta.

Kegiatan yang dilaksanakan dari tanggal 2-12 Juli 2019 ini dibuka oleh Bapak F.X. Ouda Teda Ena, M.Pd., Ed.D., selaku Wakil Rektor IV USD, di Ruang Kadarman, Kampus II USD. Dalam sambutannya, Bapak Ouda menyampaikan bahwa beliau sangat senang karena program ini terlaksana secara rutin. Beliau juga berharap para mahasiswa Konkuk University dapat menikmati Sanata Dharma University Summer Program ini. Setelah sambutan dari Bapak Ouda, para mahasiswa diberikan presentasi terkait rangkaian kegiatan yang akan diikuti serta penjelasan singkat mengenai tata krama dan kebiasaan warga Yogyakarta. Presentasi ini diberikan oleh Ibu Agnes Herlina Dwi Hadiyanti, M.T., M.Sc., dosen PGSD, selaku pendamping mahasiswa USD yang berangkat ke Korea Selatan pada Januari 2019 lalu untuk mengikuti kegiatan Konkuk Winter Program 2019. Orientasi pembukaan Sanata Dharma University Summer Program ditutup dengan campus tour yang dilaksanakan di sekitar Kampus I dan II USD.

Selain belajar bahasa Indonesia di Lembaga Bahasa, para peserta Sanata Dharma University Summer Program akan mengunjungi beberapa destinasi wisata terkenal di Yogyakarta dan sekitarnya, seperti Candi Borobudur, Candi Prambanan, Keraton, Tamansari, dan Malioboro untuk memahami filosofi yang ada di tempat-tempat tersebut. Mereka juga akan melakukan tour gunung merapi di Kaliurang dan mengunjungi beberapa pantai di Gunung Kidul. Untuk lebih memahami budaya Indonesia, para peserta akan belajar memainkan gamelan, membuat batik, membuat bakpia, dan belajar menari Jawa, Bali, dan juga Dayak, yang akan melibatkan beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa USD agar dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa USD dalam berinteraksi dengan mahasiswa asing.

(SPP & SKW)

  kembali