USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

KKN USD Angkatan 58: “Pemberdayaan Masyarakat dalam Bidang Pendidikan, Ekonomi, Sosial dan Budaya”

diupdate: 5 tahun yang lalu



Bertempat di Panggung Terbuka Kampus 2 Universitas Sanata Dharma (USD), hari Rabu (3/7) Wakil Rektor 1 USD, Rohandi Ph.D. melepas 776 mahasiswa yang akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Program Kuliah Kerja Nyata mahasiswa USD angkatan 58 ini mengusung tema “Pemberdayaan Masyarakat dalam Bidang Pendidikan, Ekonomi, Sosial dan Budaya”.

Dalam kesempatan tersebut mewakili  Rektor USD, Wakil Rektor 1 menyampaikan bahwa KKN USD diharapkan menjadi kegiatan yang terintegrasi dengan pendidikan, penelitian, dan pengabdian. Secara perlahan mahasiswa KKN diajak untuk memberikan kontribusinya, para Dosen dapat melakukan kajian, dan memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sehingga akan dilaksanakan secara berkelanjutan. “Tempat di mana Anda ber-KKN ini, tidak hanya sekali. Namun rutin continue empattahun ke depan, hal ini supaya menjadi catatan kita.” paparnya. Rohandi berpesan bahwa mahasiswa  bersama-sama dengan masyarakat dapat memikirkan satu kesatuan serta memikirkan satu visi ke depan dalam membangun lingkungan sekitarnya. Hal yang dikerjakan bersama masyarakat dapat menjadi sarana bagi seluruh elemen untuk membagun dan akhirnya mencapai sesuatu yang besar.

Selanjutnya dalam laporannya, Kepala Pusat Kuliah Kerja Nyata USD Dr. Sebastianus Widanarto, S.Pd., M.Si menyebutkan bahwa KKN angkatan 58 ini tersebar di 6 kecamatan, yaitu Kecamatan Gedangsari, Kecamatan Paliyan, Kecamatan Playen, dan Kecamatan Saptosari di Gunung Kidul, Kecamatan Ngaglik di Kabupaten Sleman, dan satu Kecamatan di Kabupaten Mentawai. “Peserta KKN diharapkan dapat lebih berinteraksi dengan masyarakat agar dapat mewujudkan visi misi KKN yaitu sebagai salah satu sarana Universitas dalam membentuk manusia yang memiliki kompetensi, bela rasa, dan hati nurani kepada masyarakat yang tersingkir, lemah, kecil, didifabel.” paparnya.

Setelah sambutan-sambutan, acara penerjunan KKN dilanjutkan dengan penyerahan sebagai simbolisasi perutusan KKN serta penyerahan bendera Competence, Conscience, Compassion (3C) oleh Wakil Rektor 1 kepada salah satu wakil mahasiswa peserta KKN, kemudian dilanjutkan menyanyikan Hymne Sanata Dharma dan Bagimu Negeri. Selanjutnya Wakil Rektor 1 melakukan pelepasan burung sebagai simbol penerjunan mahasiswa peserta KKN.

(DPM & AHLN)

  kembali