USD Akreditasi A English Version Alumni Email USD

Algebra Joint Seminar 2019: Diskusi Para Peminat dan Pemerhati Aljabar

diupdate: 5 tahun yang lalu



Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Sanata Dharma (USD) mengadakan “Algebra Joint Seminar” pada Rabu, 20 Maret 2019 di Laboratorium Micro Teaching Pendidikan Matematika USD Kampus III Paingan. Kegiatan ini terselenggara bekerja sama dengan Laboratorium Aljabar Fakultas MIPA Universitas Gadjah Mada, Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Negeri Yogyakarta, Jurusan Matematika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, dan Program Studi Matematika Universitas Ahmad Dahlan. Kegiatan ini dihadiri perwakilan dosen, mahasiswa S1, S2, dan S3 dari instansi tersebut.

“Kegiatan yang diadakan para peminat dan pemerhati Aljabar ini sudah menjadi rutinitas tahunan di Universitas Sanata Dharma.” tutur PIC Kegiatan, Dewa Putu Wiadnyana Putra, S.Pd., M.Sc. Untuk Algebra Joint Seminar 2019 ada 2 topik yang disampaikan oleh 2 pemateri yakni Muhammad Ardiyansyah, M.Sc. dengan topik “Group Acting on A Tree” dan Ricky Aditya, M.Sc. dengan topik “Beberapa Aspek dari Privasi Diferensial”.

Topik pertama yang disampaikan secara garis besar keterhubungan antara teori-teori dalam Aljabar (teori Grup) dengan konsep geometri (teori Graf). Topik kedua tentang Aljabar yang masih bersinggungan dengan kehidupan sehari-hari. Matematika khususnya Aljabar memang ilmu yang memiliki daya tarik sendiri bagi pencintanya. Seusai pemateri mempresentasikan materi, acara dilanjutkan diskusi antara pemateri dengan peserta dengan harapan ada ilmu baru dari topik yang disampaikan sehingga mampu menambah wawasan dan minat untuk meneliti lebih dalam bidang Aljabar.

(madset)

  kembali