www.usd.ac.id
www.usd.ac.id
  Cerdas & Humanis
English Version  English Version
Loading
HOME TENTANG USD PENERIMAAN MAHASISWA BARU AKADEMIK
  Mail USD      Kontak
 :: Liputan Khusus
ENGINE TUNE UP 2017 " Menghidupkan Sang Perintis"
              ENGINE TUNE UP 2017
~~~


REGULASICAR MEET UP
ENGINE TUNE UP
2017
PERATURAN

  1. Peserta wajib membaca dan memahami regulasi.
  2. 2. Peserta wajib mengisi formulir berisi spesifikasi kendaraan pada saat loading in atau dapat diunduh di www.usd.ac.id
  3. 3.   Peserta wajib mendampingi mobilnya disaat penjurian. Jika pemilik kendaraan tidak mempresentasikan spesifikasi modifikasi kendaraan nya , juri hanya menilai apa yang dilihat.
  4. 4. Poin penilaian berdasarkan variabel , kerapian , keselarasan , fungsional , dan inovasi.
  5. 5. Penjurian dilakukan tanpa ada kontak langsung dengan peserta, kecuali ada  permintaan langsung dari pihak juri.

KATEGORI PENGHARGAAN

  1. 1.      BEST BODY WRAPPING

Apliksi sticker wrap yang paling menarik, dengan warna, materal, pengerjan, dengan finishing terbaik, dan paling rapi. Aplikasi wrap tidak boleh di gabungkan dengan air brush dan cutting sticker. Aplikasi sticker wrap carbon tidak masuk dalam kategori ini.

  1. 2.      BEST KILLER COLOUR

Penggunaan cat dengan kreatifitas, inovasi, detail, dan finishing terbak tanpa penambahan air brush dan cutting sticker.

  1. 3.      COOLEST RIMS

Velg dengan penampilan terbaik atau trend ter-up to date yang serasi dengan modifikasi mobil, menurut pilihan juri.

  1. 4.      BIGGEST RIMS

Penilaian mobil dengan aplikasi velg terbesar. Jika ada kesamaan maka akan di lihat pula dari perbedaan lebarnya dan akan di lihat pula dari selisih velg standar bawaan mobil.

  1. 5.      SMALLEST RIMS

 Penilaian mobil dengan aplikasi velg terkecil. Jika ada kesamaan maka akan di lihat pula dari perbedaan lebarnya dan akan di lihat pula dari selisih velg standar bawaan mobil.

  1.  6.      WIDDEST RIMS

Penilaian mobil dengan aplikasi velg terlebar jika masih ada kesamaan makan akan di lihat dari tingkat kesulitan. Keselaran fitting menjadi point tambahan.

  1. 7.      BEST BODY KIT

Aplikasi bodykit dengan tampilan OEM atau tuner international yang produksi masal dengan kreatifitras, inovasi, detail, pengaplikasian, dan finishing terbaik.

  1. 8.      BEST CUSTOM BODYKIT

Aplikasi bodykit custom dengan kreatifitas, inovasi, detail, pengaplikasian, dan finishing terbaik.

  1. 9.      GLOW IN THE DARK

Mobil dengan warna gelap (diutamakan hitam) dengan velg crome paling dominan.

  1. 10.   LADY OWNER

Mobil modifikasi yang dimiliki wanita diutamakan sesuai dengan nama yang tercantum dalam pendaftaran, stnk, dan sim, dengan variabel  modifikasi terlengkap dan finishing serta keselarasan terbaik.

  1. 11.   BEST ROOKIE STYLE

Mobil dengan konsep minimalis dengan tanpa merusak struktur body kendaraan ,Interior hanya boleh membungkus ulang jok dan mid doortrim , bodykit add-on. Aplikasi adjustable suspension dan chamber kit tidak diperbolehkan, kerapian dan detail finishing menjadi point utama penilaian.  

  1. 12.   BEST OFF-ROAD LOOK

Mobil dengan type jip, suv / double cabin berpenggerak 4x4 dengan modifikasi bergaya adventure offroad / offroad racing terbaik dan memiliki variabel pendukung terlengkap.

  1. 13.   BEST ALTO STYLE

Mobil dengan type minibus, jip, suv / double cabin berpenggerak 4x2 dengan modifikasi bergaya off-road terbaik dan memiliki variabel pendukung terlengkap.

  1.  14.   BEST CITY SLICKER

Mobil dengan type suv, jip / double cabin dengan gaya non offroad . Biasanya mempuyai ciri khas menggunakan velg berdiameter super besar dengan menggunakan ban type jalan raya, cat serumpun dan perangkat pendukung yang menonjolkan kesan mewah.

  1.  15.   BEST RALLY LOOK

Modifikasi yang mengacu pada konsep mobil balap rally dengan aksesoris balap terlengkap dan terbaik. Penggunaan part dan aksesories yang tidak berfungsi dapat mengurangi poin penilaian

  1. 16.   BEST RACING

Modifikasi terbaik yang mengacu dan terfokus pada konsep mobil balap pada setiap aspek dan variabel.

  1. 17.   BEST STREET RACING

Modifikasi terbaik yang mengacu dan terfokus pada konsep balap jalan raya, memiliki fitur serta parts racing, namun tetap memiliki fitur kenyamanan, jok penumpang, audio dan video in car (in-car entertainment).

  1. 18.   BEST ELEGANT

Mobil dengan penampilan bernuansa elegant mulai dari design bodykit, harmonisasi dengan pemilighan warna serumpun, pemilihan velg, dan aplikasi modifikasi pada bagian exterior dan interior mobil keseluruhan. (penggunaan part/ aksesoris yang bernuansa racing yang berlebihan dapat mengurangi poin penilaian). Kategori ini di peruntukan untuk mobil di luar kelas premium di mereknya.

  1. 19.   BEST VIP

Mobil dengan gaya luxurious (mewah) terbaik, yang di tunjang dengan part serta variabel modifikasi luxurious terlengkap. Menggunakan aksesoris menunjukan/ menmpilkan kesan mewah, pada umumnya adalah mobil dengan ukuran dan kapasitas mesin besar (diatas 2000cc)/ kelas premium di mereknya. Penggunaan airsuspension, ukuran camber negative, dan posisi kendaraan rendah menjadi poin tambahan.

  1. 20.   STATIC FITMENT

 Menilai dari keadaan fiting ban, velg, fender terbaik dengan hanya mengandalkan Custom spring atau aftermarket (coillover) nilai plus di berikan kepada hasil fiting terbaik dengan tingkat modifikasi kaki-kaki tersulit. Jika ada kesamaan yang siknifikan akan di lihat dari aspek modifikasi yang lain (variabel).

  1.  21.   BAGGED FITMENT

Menilai dari keadaan fiting ban, velg, fender terbaik dengan menggunakan air suspension. nilai plus di berikan kepada hasil fiting terbaik dengan tingkat modifikasi kaki-kaki tersulit. Jika ada kesamaan yang siknifikan akan di lihat dari aspek modifikasi yang lain (variabel).

  1. BEST MEATY FITMENT

Penilaian mobil bergaya proper race car dengan fitting lebar velg dan ukuran ban yang proporsional, tanpa ada stretch. Jika ada kesamaan yang signifikan akan dilihat dari aspek modifikasi yang lain (variabel).

  1. 23.   BEST SLAMMED FITMENT

Penilaian mobil dengan grond serendah mungkin dengan menggunakan velg berdiameter besar dan lebar, dengan fitting ban dan velg masuk ke bibir vender dengan tingkat modifikasi tersulit.

  1. 24.   BEST 70’S RESTORATED

Mobil yang di produksi tahun 1970-1979 dengan gaya mendekati standar pabrik dengan penampilan dan finishing terbaik.

 

  1. 25.   BEST 70’S MODIFIED

Mobil yang di produksi tahun 1970-1979 dengan modifikasi terlengkap dengan penampilan dan finishing terbaik.

 

  1. 26.   BEST 80’S RESTORATED

Mobil yang di produksi tahun 1980-1989 dengan gaya mendekati standar pabrik dengan penampilan dan finishing terbaik.

  1.  27.   BEST 80’S MODIFIED

Mobil yang di produksi tahun 1980-1989 dengan modifikasi terlengkap dengan penampilan dan finishing terbaik.

  1. 28.   BEST 90’S RESTORATED

Mobil yang di produksi tahun 1990-1999 dengan gaya mendekati standar pabrik dengan penampilan dan finishing terbaik

  1. 29.   BEST 90’S MODIFIED

Mobil yang di produksi tahun 1990-1999 dengan modifikasi terlengkap dengan penampilan dan finishing terbaik.

  1. 30.   BEST JDM

Modifikasi terlengkap yang mengacu pada style Japanese domestic market, menggunakan part original dengan detail dan finishing terbaik.

  1. 31.   BEST USDM

Modifikasi terlengkap yang mengacu pada style american domestic market, menggunakan part original dengan detail dan finishing terbaik.

  1. 32.   BEST EUDM

Modifikasi terlengkap yang mengacu pada style european domestic market, menggunakan part original dengan detail dan finishing terbaik.

  1. 33.   BEST CITY CAR

Mobil type city car dengan konsep modifikasi terbaik

Detail dan finishing paling rapi

Variabel modifikasi terlengkap, terbanyak dan terapih

Mengau pada basic mobil, bukan hasil setelah di modifikasi

  1. 34.   BEST COMPACT CAR

 Mobil type mini MPV dengan konsep modifikasi terbaik

Detail dan finishing paling rapi

variabel modifikasi terlengkap, terbanyak dan terapih

 Mengau pada basic mobil, bukan hasil setelah di modifikasi

  1. 35.   BEST SEDAN

Mobil type sedan (4 pintu) dengan konsep modifikasi terbaik

Detail dan finishing paling rapi

Fariabel modifikasi terlengkap, terbanyak dan terapih

Mengau pada basic mobil, bukan hasil setelah di modifikasi

  1. 36.   BEST HATCHBACK

Mobil type hatchback dengan konsep modifikasi terbaik

Detail dan finishing paling rapi

Fariabel modifikasi terlengkap, terbanyak dan terapih

Mengau pada basic mobil, bukan hasil setelah di modifikasi

 37.   BEST SALOON

Mobil type saloon (big sedan, 2001cc keatas dan type mobil) dengan konsep modifikasi terbaik

Detail dan finishing paling rapi

Fariabel modifikasi terlengkap, terbanyak dan terapih

Mengau pada basic mobil, bukan hasil setelah di modifikasi

  1. 38.   BEST SUV

Mobil type SUV dengan konsep modifikasi terbaik

Detail dan finishing paling rapi

Fariabel modifikasi terlengkap, terbanyak dan terapih

Mengacu pada basic mobil, bukan hasil setelah di modifikasi

  1. 39.   BEST MPV

Mobil type MPV dengan konsep modifikasi terbaik

Detail dan finishing paling rapi

Fariabel modifikasi terlengkap, terbanyak dan terapih

Mengacu pada basic mobil, bukan hasil setelah di modifikasi

  1. 40.   BEST COUPE

Mobil type coupe dengan konsep modifikasi terbaik

Detail dan finishing paling rapi

Fariabel modifikasi terlengkap, terbanyak dan terapih

Mengacu pada basic mobil, bukan hasil setelah di modifikasi

  1. 41.   BEST PICK UP

Mobil type pick up dengan konsep modifikasi terbaik

Detail dan finishing paling rapi

Fariabel modifikasi terlengkap, terbanyak dan terapih

Mengacu pada basic mobil, bukan hasil setelah di modifikasi

  1. BEST BIPPU

Modifikasi mobil dengan basic luxurius sedan 4 pintu dengan pabrikan asal Negara jepang, mesin berkapasitas besar, dan berpenggerak roda belakang. Penilaian berdasar keadaan fitting ban, velg dengan lebar ekstrim, chamber negative, dan vender terbaik dengan mengandalkan air-suspension, custom spring, maupun coilover. Nilai plus diberikan pada hasil fitting terbaik dengan modifikasi kaki-kaki tersulit. Jika ada kesamaan akan dilihat dari aspek modifikasi lain (variable)

  1.  43.   BEST EUROPEAN MODIFIED CAR

Modifikasi dengan merek asal Negara-negara di eropa (jerman, italia, inggrish, prancis, dll) Memiliki fariabel modifikasi lengkap dan ekstensif dengan konsep, eksekusi, detail, dan finishing terbaik.

  1. 44.   BEST AMERICAN MODIFIED CAR

Modifikasi dengan merek asal Negara-negara di Amerika serikat. Memiliki fariabel modifikasi lengkap dan ekstensif dengan konsep, eksekusi, detail, dan finishing terbaik.

  1. 45.   BEST AUSTRALIAN MODIFIED CAR

Modifikasi dengan merek asal negara australia

Memiliki fariabel modifikasi lengkap dan ekstensif dengan konsep, eksekusi, detail, dan finishing terbaik.

  1.  46.   BEST INDONESIAN MODIFIED CAR

Modifikasi yang di produksi atau di rancang  di Indonesia (Kijang, Innova, Avanza, Xenia, Agya, Ayla, dsb). Memiliki fariabel modifikasi lengkap dan ekstensif dengan konsep, eksekusi, detail, danfinishing terbaik..

  1. 47.   THE BEST CAR CLUB CAR LIMBO
    1. Tidak boleh merusak struktur body kendaraan di area pameran,
    2. Tidak boleh mengganti velg dengan velg kaleng /atau diameter lebih kecil selama berlangsungnya acara.
    3. Tekanan angin minimal 25 psi.

 Download Formulir

 

      

        I. Pelaksanaan Lomba

Hari/Tanggal     : Jumat, 3 November 2017

Waktu              : 12.00 Wib – selesai

Tempat             : Lab Perancangan Teknik Mesin A & B Universitas Sanata Dharma

      II. Jadwal

  • Pendaftaran peserta: 16 September – 16 Oktober 2017
  • Penyerahan persyaratan: 23 Oktober – 3 November 2017
  • Pelaksaan kegiatan: 3 November 2017

    III. Kriteria Penilaian

  1. Kecepatan dalam merancang atau membuat.
  2. Kesesuaian gambar dengan sket yang diberikan.
  3. Kelengkapan gambar.
  4. Ketepatan gambar.

    IV. Syarat – syarat Penilaian

  • Fotokopi kartu pelajar / kartu mahasiswa (2 lembar),
  • Foto 3X4 berwarna (2 lembar),
  • Surat keterangan kepala sekolah / kepala prodi,
  • Membayar formulir pendaftaran sebesar Rp. 75.000,00.

      V. Syarat ketentuan Umum

  1. Peserta merupakan siswa/siswi SMK aktif  se DIY-Jateng dan mahasiswa/mahasiswi universitas aktif se DIY-Jateng. Maksimal berumur 21 tahun.
  2. Peserta wajib melakukan pendaftaran dan mengisi formulir pendaftaran.
  3. Pengembalian formulir pendaftaran paling lambat tanggal 29 Oktober 2017.
  4. Setiap sekolah dan universitas hanya diperbolehkan mengirim 2 (dua) perwakilan siswa/I dan mahasiswa/I nya sebagai peserta.

    VI. Peraturan Lomba

ü Peserta wajib hadir di tempat lomba dengan durasi waktu 15 menit sebelum perlombaan dimulai.

ü Pada saat perlombaan berlangsung, peserta tidak diperbolehkan menggunakan alat komunikasi dalam bentuk apapun (Hp/laptop/Dll). Apabila ditemukan menggunkan alat komunikasi, peserta akan didiskualifikasi.

ü Peserta tidak diperbolehkan membawa alat pemindah data dalam bentuk apapun.

ü Proyeksi yang digunakan dalam lomba adalah proyeksi Amerika (AutoCad). Sedangan untuk SolidWork adalah 3D Assembly (Top Down Design).

ü Peserta tidak boleh bekerja sama dengan satu institusi atau peserta lain.

  VII.            Hadiah

v Juara Pertama            (1)        : Rp. 750.000,00

v Juara Kedua                (2)        : Rp. 500.000,00

v Juara Ketiga                (3)        : Rp. 200.000,00

 

  1. Fasilitas Peserta
  • Snack dan makan
  • Sertifikat pelatihan SolidWorks
  • Tiket Plus Kupon ENGINE TUNE UP 2017

    IX.            Cara Daftar

  1. Membawa formulir pendaftaran yang sudah diisi dan Dengan membawa persyaratan yamg sudah ditetapkan dibagian ke – IV, ke sekretariat Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Sanata Dharma Kampus III, Paingan ,Maguwoharjo,  depok, Sleman Yogyakarta, dengan terlebih dahulu menghubungi cp : ( 085215278994 ) Alfon {WA/SMS}
  2. Atau dengan mengirimkan berkas lewat E-mail ke christianoalfonso12@gmail.com (dengan subjek : GAMTEK ETU 2017) dan transfer ke no. rek  0485160074 a.n Alfonsus Christian Wibisono, Dengan terlebih dahulu menghubungi panitia : ( 085215278994 ) Alfon {WA/SMS}
  3. Paling lambat adalah satu jam sebelum pelatihan untuk pengumpulan persyaratan.

 

      X. Rekapitulasi Penilaian

REKAPITULASI PENILAIAN

Nama : xxx

Asal : Universitas…. / SMK…..

Nomor User : 1

 

Poin

Kecepatan Menggambar

 

Kesesuaian Gambar Dengan Sket (Untuk Tingkat SMK)

 

Kelengkapan Gambar

 

Ketepatan Gambar

 

Tingkat Toleransi (Untuk Tingkat Universitas)

 

Total Poin

 

 

3 X 4

                              

*ketentuan poin 60 - 100

      XI. Prosedur Perlombaan

  1. Perlengkapan gambar sudah disediakan oleh panitia.
  2. Lomba gambar teknik berbasis komputer.
  3. Lomba gambar teknik menggunakan aplikasi SolidWorks (Universitas) dan AutoCad (SMK).
  4. Dalam gambar harus tercantum keterangan – keterangan gambar (Untuk tingkat universitas ditambah dengan toleransi).
  5. Peserta hanya perlu menggambar ulang sket gambar dengan proyeksi Amerika (Untuk Tingkat SMK) dan Membuat dan merancang alat {3D Assembly} (Untuk tingkat Universitas).
  6. Dalam lomba gambar teknik ini, yang mampu menyelesaikan sket atau soal dengan meraih akumulasi poin paling banyak, maka peserta itu yang akan diambil sebagai juara.
  7. Pada saat perlombaan berlangsung, peserta yang melanggar peraturan seperti yang tertera pada bagian ke-VI, peserta yang bersangkutan akan didiskualifikasi
  8. 8.      Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat

 

                               I.Pelaksanaan lomba :

Hari/tanggal    : Sabtu,4 november 2017

Pukul               : 08.00-14.00

Tempat            : Lapangan Realino kampus II USD

 

                            II. Jadwal

  • Pendaftaran peserta         : 15 . – 4 November 2017
  • Penyerahan persyaratan   : ... – 4 November 2017
  • Pelaksanaan kegiatan       : 4 November 2017

 

                          III.Syarat dan Ketentuan

 Terbuka untuk umum yang berdomisili di yogyakarta dan jawa tengah.

  1. Peserta dibatasi 50 orang
  2. Pembayaran bisa lewat bank dan bisa langsung di tempat datang ke kampus III sanata dharma paingan maguwoharjo di kenakan biaya :

(Pendaftaran  sebelum hari H) Rp: 75.000,00 + tiket malem puncak

(Pendaftaran  on the spot        ) Rp: 100.000,00 + tiket malem puncak

(Pendaftaran  Via Bank          ) Rp: 75.000,00 + tiket malem puncak

Cp: (082225918309)

  1.   Peserta harus mendaftarkan diri melalui sms ke nomor :  

 ( 082225918309 ) dengan fotmat  :  nama_lombaphotography_alamatemail_nomorhp.
Panitia akan memandu peserta yang mendaftar melalui sms untuk prosedur pengiriman biaya registrasi dan verifikasi data peserta.

  1. Jika kuota masih memenuhi dapat melakukan pendaftaran di tempat dengan biaya : Rp. 100,000,00 dan mengumpulkan (2photos ) peserta dapat mendaftarkan diri di stand yang di sediakan saat acara engginetuneup 2017 berlangsung. ( batas pendaftaran "Onthespot " pada waktu : 08.00-11.30 WIB.

                         IV.            Peraturan perlombaan

  1. Karya foto yang dikirim disesuai dengan tema “menghidupkan sang perintis”.
  2. Pemotretan dilakukan dalam seluruh rangkaian acara EngineTuneUp 2017 mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB. (area: lapangan realino Kampus II Universitas Sanata Dharma, Mrican, Yogyakarta).
  3. Masing-masing peserta dapat mengajukan maksimal 2 foto karyanya.
  4. Karya foto bukan merupakan hasil manipulasi digital, pengeditan yang diperbolehkan hanya sebatas fasilitas kamera (crop, brightnes, contrast, saturation). Tidak boleh menambahkan atau menghilangkan objek pada gambar.
  5. Karya foto tidak mengandung unsur SARA, pornografi dan kekerasan.
  6. Panitia berhak menggunakan foto-foto peserta sebagai bagian dari publikasi non-komersil dalam kegiatan serupa dengan tetap mencantumkan nama fotografer.
  7. Pengumuman hasil foto terbaik akan ditampilkan dalam waktu tanggal yang sama pada Sore hari setelah dilakukan penjurian.
  8. Keputusan dewan juri adalah mutlak, tidak dapat diganggu gugat dan tidak melayani korespondensi atau surat menyurat. Penjurian akan dilaksanakan setelah batas pengumpulan foto berakhir.
  9. Dengan mengirimkan karya foto untuk mengikuti lomba ini, berarti peserta dianggap memahami dan mematuhi seluruh ketentuan dan peraturan yang dibuat oleh panitia.

                            V.            Hadiah

  • Juara 1 : Rp 750.000 + trophy + sertifikat
  • Juara 2 : Rp 500.000 + trophy + sertifikat
  • Juara 3 : Rp 250.000 + trophy + sertifikat

                         VI.            Ketentuan pengumpulan

  1. Karya foto yang dikumpulkan berupa softcopy dengan format digital (JPEG)
  2. Softcopyfile disimpan dengan ketentuan nama ETU 2017 – Nama Lengkap Peserta.
  3. Pengumpulan softcopy disertai dengan keterangan yang diketik, terdiri atas:

            - Judul foto:

            - Cerita latar belakang foto (singkat):

            - Jenis kamera yang digunakan:

            - Lokasi pengambilan foto (min. nama daerah):

            - No. Hp/LineID yang bisa dihubungi:

  1. Karya foto dikumpulkan langsung di stand panitia dalam bentuk softcopy dengan format "JPEG", batas maksimal pukul 14.00 WIB.

                      VII. Prosedur pendaftaran :

  • Pendaftaran Via Bank

ü   melakukan pendaftaran melalui SMS  terlebih  dahulu dengan format yang telah ditentukan (Format : nama_lombaphotography_alamatemail_nomor HP).

ü  Panitia akan mengirim No Rekening Bank dan jumlah yang biaya yang di tanggung sebagai jalur peserta mengirim uang pendaftaran.

ü  Apabila sudah melakukan pembayaran/transfer, bukti pembayaran/transfer dari Bank harap disimpan.

ü  Calon Peserta wajib menscan atau mengirimkan foto bukti pembayaran/transfer dari Bank tersebut kepada panitia melalui E-mail : (Panitia)

ü  Setelah mengirimkan biaya registrasi dan foto bukti pembayaran/transfer, maka calon peserta telah resmi terdaftar menjadi peserta Lomba Fotografi EngineTuneUp 2017. Peserta akan mendapat kode verifikasi berupa nomor urut peserta.

ü  Kemudian pada hari H (Sabtu, 4 november 2017), bukti pembayaran/transfer tersebut wajib dibawa dan diserahkan kepada panitia sebagai syarat untuk melakukan daftar ulang, bertempat di Stand pendaftaran di Kampus II Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

ü  Batas registrasi Via SMS maximal 2 (dua) hari terakhir sebelum hari H.

  1.                    VIII. Juri
  • ( Photographer ) wijoseno aji
  • (Ketua Lens Club USD ) adres kusuma
  • ( Panitia EngineTuneUp 2017 ) zeffy agung
  •  

download Formulir

REGULASI ENGINE TUNE UP 2017 UNIVERSITAS SANATA DHARMA

 

KETENTUAN UMUM

1.      Terbuka untuk umum, perseorangan ataupun team/klub.

2.      Penilaian lomba diutamakan pada penampilan/performa luar, murni showbike. 

3.      Nomor mesin dan nomor rangka tidak boleh diubah/ganti (sesuai STNK/BPKB). Khusus kelas Retro Kustom Open bisa memakai rangka baru atau buatan sendiri (handmade), dan boleh mengambil rangka merek lain atau dicustom ulang. 

4.      Panitia tidak menyediakan peralatan bengkel. Panitia tidak menanggung kerusakan motor / kehilangan komponen / variasi dalam situasi apapun selama kontes. Peserta wajib ikut menjaga keamanan motornya.

5.      Pada saat lomba, semua motor yang terdaftar sebagai peserta lomba tidak diperbolehkan diutak-atik, dibawa keluar area penjurian atau dibawa pulang, kecuali  terjadi force majeure. 

6.      Peserta "dilarang keras menyalakan/menghidupkan mesin" motor selama lomba.  Kecuali untuk test jalan/scrutineering, keperluan oto challenge dan pemotretan.

7.      Motor peserta yang dibawa keluar arena lomba dan peserta yang menyalakan mesin akan didiskualifikasikan/tidak akan dinilai.

8.      Mengutamakan persaudaraan, persatuan dan kesatuan otomania, dilarang keras membawa senjata tajam, miras, dan barang-barang psikotropika.

9.      Wajib menjaga ketertiban serta kebersihan arena kontes.

10.    Peserta wajib ikut technical meeting yang ditentukan panitia. Setelah technical meeting, dewan juri tidak lagi menerima protes, pertanyaan, ketidakfahaman dari peserta.

11.    Baik yang hadir dan/atau tidak selama technical meeting dianggap mewakili dan menyetujui ketentuan dewan juri. 

12.    Hasil lomba diputuskan oleh dewan juri yang berkompeten, dijamin objektif, fair dan bebas KKN. Ketentuan dewan juri tidak bisa diganggu gugat dan tidak diadakan surat-menyurat atau pertanyaan dalam bentuk apapun. Diskualifikasi adalah hak prerogatif dewan juri dan tidak bisa diganggu gugat. 

13.    Dewan juri tidak ada hubungannya dengan rangkaian acara, kepanitiaan, hadiah, piala dan nominal untuk peserta selama kontes berlangsung.

 

KETENTUAN KHUSUS

1.      Regulasi ini adalah regulasi standar milik Ototrend. Dilarang keras mengutip, menyalin, mengcopy ataupun 'memodifikasi' tanpa ijin tabloid Ototrend. Pihak-pihak yang ingin menggunakannya diwajibkan menghubungi redaksi Ototrend dan harus menjalin bekerja sama dengan Ototrend. Memakai tanpa ijin, adalah pencurian intelektual.

2.      Semua motor “wajib” didokumentasikan/diphoto oleh fotografer tabloid Ototrend - Jawa Pos / Indopos Group. Jika menolak, panitia berhak mendiskualifikasi. Untuk kepentingan publikasi, pemotretan dan liputan, seluruh motor peserta kontes sepenuhnya menjadi hak milik Ototrend Media Group.

3.      Panitia / dewan juri berhak memindah motor / peserta yang salah masuk kelas, dengan asumsi menyatukan rambu-rambu/regulasi modifikasi. Dan bukan berarti motor yang pindah/ganti kelas dijamin menang / kalah. 

4.      Seluruh peserta wajib mengisi dan mengembalikan lembar spek modifikasi dari panitia maksimal saat technical meeting, sebagai syarat penjurian oleh dewan juri.

 

PELAKSANAAN & PENDAFTARAN

1.      Kontes/show digelar hari….., tanggal…..2017.

2.      Tempat pendaftaran kontes/show di…….

3.      Untuk peserta dari luar kota yang tidak bisa mendaftar langsung ke lokasi, bisa mendaftar via telpon / fax / transfer bank dengan menyertakan data motor, nomor polisi, nama pemilik dan kelas diikuti.  Namun jika terlambat saat loading in, tetap dikenakan pengurangan point.

4.      Panitia tidak menerima penambahan pendaftaran baru pada saat lomba.

5.      Jumlah peserta terbatas untuk…..motor. Setiap peserta hanya diperbolehkan maksimal ikut dua kelas dalam setiap satu motor.

6.      Segala bentuk booking peserta hanya berlaku jika peserta sudah resmi membayar biaya pendaftaran, baik itu dengan pendaftaran langsung di…..ataupun via transfer rekening Bank…..

 BIAYA & SYARAT PENDAFTARAN

1.      Biaya pendaftaran semua kelas Rp……per kelas/motor. Pendaftaran ditutup pada hari…., tanggal…..2017, pukul…..WIB. Pendaftaran Online(transfer) baru bisa dinyatakan sah apabila peserta bisa menunjukan slip bukti transfer saat pendaftaran ulang di hari H, dan juga bisa menunjukan foto slip bukti transfer ke nomor WA…….

2.      Peserta hanya diperbolehkan maksimal ikut dua kelas, sesuai regulasi masing-masing kelas.

3.      Wajib menyerahkan satu lembar fotocopy kartu identitas yang masih berlaku (KTP/SIM) dan satu lembar fotocopy STNK/BPKB.

4.      Untuk motor baru dari dealer yang belum mendapatkan STNK/BPKB dari pihak samsat/ kepolisian, wajib melampirkan copy surat keterangan jalan yang berisi spesifikasi motor, nomor mesin dan nomor rangka.

 TECHNICAL MEETING

1.      Dilaksanakan pada hari…., tanggal….2017, pukul….WIB, di…...

2.      Peserta wajib mengikuti technical meeting. Peserta yang hadir/tidak hadir di technical meeting dianggap menyetujui semua ketentuan lomba.

3.      Pasca technical meeting, peserta diberi 30 menit waktu untuk pindah kelas / tambah kelas, tetapi tidak boleh mencabut pendaftaran. Setelah itu, panitia tidak menerima lagi “ganti/pindah kelas”.

 LOADING IN

1.      Loading in dimulai hari…., tanggal….2017 mulai pukul…..WIB hingga hari…., tanggal….2017 pukul…..WIB. Tidak ada dispensasi untuk peserta luar kota dan tidak ada waktu tambahan untuk bersih-bersih motor, jadi diharap peserta bisa mempersiapkan waktunya sebaik mungkin.

2.      Peserta yang datang lebih dari waktu yang ditentukan (terlambat) mendapatkan pengurangan 10 point/jam. Peserta yang terlambat lebih dari waktu dispensasi,  dikenakan pengurangan 50% dari total poin.

3.      Check in (memasukan motor ke arena kontes/show) dilakukan setelah motor di test jalan dan discrut oleh panitia.

4.      Mulai hari….., tanggal….2017, pukul….WIB, motor sudah tertata rapi dalam arena kontes sesuai kelas yang diikuti. Pada saat ini, pemilik motor sudah tidak boleh mengutak-atik motor dan arena kontes disterilkan.

5.      Panitia tidak memberikan dispensasi waktu terakhir bagi peserta luar kota dan tetap mendapatkan pengurangan poin.

6.      Peserta yang terlambat check in hingga batas waktu terakhir tidak akan dinilai (diskualifikasi ), tetapi masih diperbolehkan memajang motornya. 

7.      Peserta yang terlambat/menyatakan mundur, pendaftaran dianggap hangus dan tidak bisa dikembalikan.

 

SCRUTINEERING

1.      Semua mesin motor harus hidup dan bisa dipakai (layak jalan dan fungsional) melalui discrut dengan test jalan. Noka dan nosin harus sesuai STNK/BPKB, kecuali kelas Extreme.

2.      Semua komponen test jalan seperti fuel, gas dan rem harus berfungsi sempurna. 

3.      Sirkuit test jalan berupa trek lurus sepanjang 50 – 100 meter dengan cone (kondisional).

 

HAK & KEWAJIBAN PESERTA

1.      Mendapatkan fasilitas stiker scrut,…...

2.      Boleh membawa peralatan bengkel, kit pembersih, lap, perlengkapan display dan sejenisnya.

3.      Diperbolehkan mempersiapkan motor sebelum waktu penilaian dengan waktu dan tanda yang ditentukan panitia.

4.      Semua peserta memperoleh perlakuan dan hak sama, serta harus mentaati seluruh regulasi / tata tertib yang ada.

5.      Peserta diperbolehkan memakai aksesoris pelengkap/display secara terbatas.

6.      Tidak dibenarkan mengutak-atik/perbaikan/mengelap motor selama pameran, kecuali diminta oleh team juri.

7.      Peserta diperbolehkan berada di sekitar areal kontes (bukan dalam arena motor) pada saat penjurian dan pameran. Tetapi tidak diperbolehkan menunggui/tidur di arena.

 

DEWAN JURI & PENJURIAN

1.      Penilaian kontes akan dilakukan oleh dewan juri yang berkompeten di bidangnya, yakni juri senior Ototrend.

2.      Panitia / dewan juri berhak memindah motor / peserta yang salah masuk kelas, dengan asumsi menyatukan rambu-rambu/regulasi modifikasi. Dan bukan berarti motor yang pindah/ganti kelas dijamin menang.

3.      Penjurian dilakukan secara terpadu dan komprehensif.

4.      Seluruh peserta wajib mengisi dan mengembalikan lembar spek modifikasi dari panitia sebagai syarat penjurian oleh dewan juri.

5.      Diwajibkan mengikuti scrutineering. Bersifat wajin, mutlak & tidak bisa diganggu gugat. Bagi peserta yang datang terlambat dan tidak mengikuti scrutineering, otomatis akan mendapat sangsi pinalti point penjurian.

6.      Diskualifikasi adalah hak prerogatif dewan juri dan tidak bisa diganggu gugat.

 

HASIL LOMBA CLASS CATEGORY

1.      Class Category ada 9 kelas, dengan rincian per kelas terlampir di bawah.

2.      Tiap Class Category diambil …. juara (juara 1, 2, 3,….).

3.      Semua juara akan mendapatkan trophy dan sertifikat/piagam penghargaan.

4.      Uang pembinaan hanya untuk juara 1, 2, dan 3 saja.

5.      Nominal uang pembinaan sebagai berikut;

   Juara 1 sebesar Rp. ……

   Juara 2 sebesar Rp. ……

   Juara 3 sebesar Rp. ……

6.      Pengumuman juara hari….., tanggal….2017, pukul….WIB.

 

CLASS CATEGORY  :

  1. NOVICE PURE THAILOOK
  2. PROFESIONAL PURE THAILOOK
  3. NOVICE STREET RACING
  4. PROFESIONAL STREET RACING
  5. FASHION DAILY
  6. CLASSIC FASHION (CB, RX, C/V SERIES, VESPA)
  7. CUSTOM MODIFY
  8. RETRO KUSTOM OPEN
  9. PERANG CEPER

 

THE BEST NOMINEE :

  1. THE BEST NOVICE STREET RACING LOKAL AB
  2. THE BEST NOVICE PURE THAILOOK LOKAL AB
  3. THE BEST MODIFICATOR PARTICIPANT LOKAL AB
  4. THE BEST CLUB PERFORMANCE LOKAL AB
  5. THE UNIQUELY MODIFY LOKAL AB
  6. THE BEST MOTHAI OPEN
  7. THE BEST JAP’S STYLE
  8. THE BEST CAFE RACER
  9. THE BEST VINTAGE BIKE
  10. THE BEST PAINTING ART
  11. THE BEST DETAILING
  12. THE BEST MOTO TRENDSETTER
  13. THE MOST INNOVATIVE
  14. TOO DAMN LOW
  15. THE BEST LOW RIDE TIMING
  16. THE FURTHEREST MOTO

 

THE KING OF ENGINE TUNE UP 2017 SANATA DHARMA YOGYAKARTA

 

RINCIAN REGULASI PER KELAS

 

KELAS NOVICE PURE THAILOOK

1.  Kelas khusus untuk motor bebek/sport/matic, yang dimodif minim bergaya “murni“

     Thailand Style dengan budget modif maksimal di kisaran Rp.5 Juta.  

2.  Model/style dikhususkan pada konsep daily use Thailand style.

3.  Item penilaian : performa semua bagian motor, kreativitas, finishing cat, stripping Thailand,

     pemakaian aksesoris, trend, dan keserasian universal gaya Thailand Style.

4.  Maksimal “body utama masih mempertahankan varian merk orsi motor" dengan

     pemasangan aksesoris asli variasi toko dan bukan custom.

5.  Dilarang mengaplikasi teknik modif mix and match / kawin silang “body part” body.

6.  Lampu dan kedok depan tidak boleh dicustom dan atau diganti varian merk lain, tidak boleh

     diganti dengan lampu Proji, maksimal plud and play LED. Style racing trondol tidak

     diperbolehkan. Spesifikasi modif “safety riding”, wajib memasang 2 spion dan platnom

     (minimal 1).

7.  Dilarang mencustom/bor/coak atau memotong body. Melepas fender depan dan belakang

    diharamkan.  

8.  Cat ulang diperbolehkan, maksimal dua warna dominan. Untuk warna dengan konsep

     three tone diperbolehkan, sebatas hanya sebagai imbuhan warna pemanis body.

9.  Untuk mendukung tampilan bodi, diperbolehkan memasang sticker atau emboss Thailand.

10. Kaki-kaki “terbatas” dimodifikasi. Penggantian kaki-kaki harus murni variasi toko/plug

      and play, dan tidak boleh dicustom/handmade. Khusus matic harus mengunakan CVT

      tertutup (tanpa lubang). 

11. Aplikasi pengereman, maksimal single disc depan dan single disc belakang sebelah

      kanan.

12. Khusus matic, tidak boleh berkaki molor/low rider.

13. Harus menggunakan velg dan ban sepeda motor berprofil bebas. Pemakaian velg custom

      dari bahan velg non motor seperti eks mobil tidak diperbolehkan.

14. Perubahan diameter roda diperbolehkan, dengan menggunakan velg ukuran 12,” 16” dan

      17” profil lebar bebas. Dilarang mengkepang jeruji dan mengaplikasi trend velg belang

     (depan palang, belakang jeruji).

15. Aplikasi aksesori / variasi terbatas, tidak lebih dari melebihi budget RP.5 Juta include

      finishing. Disarankan menggunakan aksesoris non premium.

16. Aplikasi monel dan emblem diharamkan, kecuali emboss Thailand.

17. Knalpot harus menggunakan non type racing untuk varian matic.

18. Jok maksimal dimodif tipis dan diganti lapisan pelindungnya dengan kain kanvas atau

      produk sintetis dan tidak boleh dicustom/dikreatifi lubang.

19. Pemakaian sub body berbahan serat karbon atau laminasi karbon diperbolehkan dan

      hanya sebagai pendukung tampilan pada bidang part motor.

20. Layak jalan dan fungsional.

 

KELAS PROFESIONAL PURE THAILOOK

1.  Kelas khusus untuk motor bebek/sport/matic, yang dimodif minim bergaya “murni“

     Thailand Style.  

2.  Model/style bebas, dikhususkan konsep daily use.

3.  Item penilaian : performa semua bagian motor, inovasi, tema, kreativitas, cat, stripping,

     pemakaian aksesoris, trend, inovasi, tipstrick, tingkat kesulitan, dan keserasian universal

     gaya Thailand Style.

4.  Maksimal “body utama masih mempertahankan varian merk orsi motor" dengan

     pemasangan aksesoris asli variasi toko dan bukan custom.

5.  Mix and match / kawin silang “body part” dengan varian asli part body pabrikan Thailand

     /Vietnam diperbolehkan.

6.  Lampu dan kedok depan tidak boleh dicustom dan atau diganti varian merk lain, ”kecuali

     penggantian dengan lampu Proji/LED”. Style racing trondol tidak diperbolehkan,

     spesifikasi modif “safety riding”, wajib memasang 2 spion dan platnom (minimal 1).

7.  Dilarang mencustom/bor/coak atau memotong body. Melepas fender depan dan belakang

    diharamkan.  

8.  Cat ulang diperbolehkan, maksimal dua warna dominan. Untuk warna dengan konsep

     three tone diperbolehkan, sebatas hanya sebagai imbuhan warna pemanis body.

9.  Untuk mendukung tampilan bodi, diperbolehkan memasang sticker konsep Thailand

     murni.

10. Kaki-kaki “terbatas” dimodifikasi. Penggantian kaki-kaki harus murni variasi toko/plug

      and play, dan tidak boleh dicustom/handmade. Khusus matic harus mengunakan CVT

      tertutup (tanpa lubang). Aplikasi footrest racing Underbone hanya diperbolehkan untuk

      basis motor varian sport dan bebek ayago. 

11. Aplikasi pengereman, maksimal single disc depan dan single disc belakang sebelah

      kanan.

12. Khusus matic, tidak boleh berkaki molor/low rider.

13. Harus menggunakan velg dan ban sepeda motor berprofil bebas. Pemakaian velg custom

      dari bahan velg non motor seperti eks mobil tidak diperbolehkan.

14. Perubahan diameter roda diperbolehkan, dengan menggunakan velg ukuran 12,” 16” dan

      17” profil lebar bebas. Dilarang mengkepang jeruji dan mengaplikasi trend velg belang

     (depan palang, belakang jeruji).

15. Aplikasi aksesori / variasi dalam jumlah banyak dan mahal, belum tentu meraih point

      tinggi. Aplikasi dan trend asesoris khas style Thailand akan menambah poin penilaian.

16. Aplikasi monel dan emblem diharamkan, kecuali emboss Thailand.

17. Knalpot harus menggunakan non type racing untuk varian matic.

18. Jok maksimal dimodif tipis dan diganti lapisan pelindungnya dengan kain kanvas atau

      produk sintetis dan tidak boleh dicustom/dikreatifi lubang.

19. Pemakaian sub body berbahan serat karbon atau laminasi karbon diperbolehkan dan

      hanya sebagai pendukung tampilan pada bidang part motor.

20. Layak jalan dan fungsional.

 

KELAS NOVICE STREET RACING

1. Kelas khusus motor modif aliran racing harian / racing funky, baik berbasis bebek, sport atau

    matic model racing minimalis/pemula (Digabung antara matic & non matic).

2. Tidak dibatasi kapasitas / jenis mesin. Kecepatan dan kekuatan mesin (power output)

    tidak dihitung, hanya mengutamakan showbike only dengan performa luar sebagai

    item penilaian utama.

3. Nosin dan noka tidak boleh diganti (harus sesuai STNK). Modifikasi rangka,

    pemakaian rangka baru (handmade) atau mencomot rangka merk lain tidak diperbolehkan.

4. Model racing harian, harus dilengkapi body minimal 80% utuh serta wajib dilengkapi

    lampu depan-belakang dan seins. Khusus sport fairing, dilarang melepas fairing orsi,

    maksimal mengaplikasi teknik cutting fairing.

5. Part body tidak boleh diganti dengan teknik pengerjaan mix & match body, teknik transfer

    body tidak diperbolehkan (orsi bawaan motor). Khusus mika lampu, dilarang dilepas,

    dilubangi dan dilaminasi karbon, maksimal dismoke tipis.

6. Aplikasi stoping system dibatasi 1 unit cakram depan dan 1 unit cakram belakang (satu

    disc dan satu kaliper di tiap cakramnya, khusus cakram belakang wajib di sebelah kanan untuk

    sport-bebek-matic). Wajib bersistem konvensional dan dilarang mengaplikasi sistim hidrolis

    sebagai penarik paha rem belakang.   

7. Finishing maksimal grafis atau cutting stiker / digital printing minimalis dan masih

    menonjolkan warna dasar (bukan warna nano-nano). Aplikasi teknik water transfer paper

    diharamkan.

8. Coak rangka, coak custom CVT matic dilarang dan coak body dilarang, kecuali sekedar

    ”pelubangan”  body berbentuk bulat dan tidak frontal. Aplikasi CVT produk variasi lubang-

    lubang "diperbolehkan".

9. Pemakaian komponen racing dan variasi seperti karburator, intake manifold,

    pengapian, oil cooler, knalpot, footstep, diperbolehkan. Tetapi, penggunaan part dan

    asesoris mahal dan banyak bukan menentukan poin tinggi. Dilarang mengaplikasi trend

    knalpot kidal, foot rest underbone khusus untuk matic dan pemotongan leher setang

   (maksimal tekuk setang).

10. Penggerak pure konvensional dengan menggunakan tromol variasi, maksimal custom

      becak style. Dilarang menggunakan tromol custom, sambung dan lubang jeruji model tusuk.

11. Pemakaian pelek jeruji wajib 36 buah / lingkar pelek, tidak boleh kurang atau

      lebih. Boleh mengaplikasi jeruji model pelintir, namun jeruji jarang/kurang, custom dari

      betoneser, atau gabungan jeruji dengan pelek palang dilarang.

12. Dilarang mengaplikasi teknik detailing gravir, etching, krom plastik dan kevlar karbon.

13. Aplikasi asesoris dibatasi wajib konvensional dan non custom made, dilarang mengaplikasi

      head stop lamp Proyektor atau LED yang ditanam di reflektor, jok maksimal diganti

      kover dan tanpa lobang, single seater, plat, bordes, akrilik dilarang.

14. Layak jalan dan fungsional dengan memasang spion (minimal 1), 1 nopol dan

      aplikasi ban non slick / gundul.

 

KELAS PROFESIONAL STREET RACING

1.         Kelas khusus motor modif aliran racing harian professional (digabung antara matic dan non matic).

2.         Tidak dibatasi kapasitas / jenis mesin. Kecepatan dan kekuatan mesin (power output) tidak dihitung, hanya mengutamakan showbike only dengan performa luar sebagai item penilaian utama.

3.         Nosin dan noka tidak boleh diganti (harus sesuai STNK). Modifikasi rangka, pemakaian rangka baru (handmade) atau mencomot merek lain tidak diperbolehkan.

4.         Model racing harian, harus dilengkapi body minimal 80% utuh serta wajib dilengkapi lampu depan dan belakang.

5.         Part body boleh diganti dengan teknik pengerjaan mix & match body, teknik transfer body tidak diperbolehkan.

6.         Aplikasi stoping system dibatasi 1 unit cakram depan dan 1 unit cakram belakang (satu disc dan satu kaliper di tiap cakramnya sebelah kanan untuk sport dan bebek). Sistem pengereman harus konvensional. Instalasi hidrolik sebatas penarik paha rem. Khusus untuk rem belakang, “dilarang memindah posisi pengereman”, misal drum brake matic dipindah di sisi kanan, atau sebaliknya drum brake non matic dipindah di sisi kiri (satu unit dengan sproket gir), cakram belakang matic/non matic dipindah ke kiri. 

7.         Finishing body maksimal grafis minimalis dan masih menonjolkan warna dasar (bukan warna nano-nano), pengecatan rangka harus sewarna dan polos, krom rangka diperbolehkan. Detailing grafir diperbolehkan.

8.         Coak rangka dan body dilarang, kecuali sekedar pelubangan body (maksimal berbentuk bulat), namun tidak frontal.

9.         Pemakaian komponen racing dan variasi seperti karburator, intake manifold, pengapian, oil cooler, knalpot racing & kidal, footstep underbone diperbolehkan. Tetapi, penggunaan part dan asesoris mahal dan banyak bukan menentukan poin tinggi.

10.       Penggerak konvensional. Harus memakai pelek / ban sepeda motor. Pelek custom eks mobil dilarang!

11.       Pemakaian pelek jeruji wajib 36 buah / lingkar pelek, tidak boleh kurang atau lebih. Jeruji model pelintir diperbolehkan. Jeruji jarang/kurang, custom dari betoneser, atau gabungan jeruji dengan pelek palang tidak diperbolehkan. Tromol custom model DT, becak dan berjeruji tusuk diperbolehkan.

12.       Aplikasi asesoris lain bebas, jok maksimal diganti kover. Single seater, plat, bordes, akrilik dilarang.

13.       Layak jalan dan fungsional.

 

KELAS FASHION DAILY

  1. Untuk motor modifikasi hasil kreasi modifikator "rookies category", khusus tipe bebek, dan sport yang dimodif minimalis style harian (Dipisah antara matic dan non matic).
  2. Item penilaian : performa semua bagian motor, kreativitas, cat, stripping, pemakaian aksesoris, kelistrikan, trend, inovasi, tipstrick, inovasi dan paling utama keserasian universal
  3. Aplikasi aksesori variasi jumlah banyak/mahal, merk cat mahal, belum tentu meraih point tinggi, lebih mengutamakan aplikasi variasi untuk mendukung keperluan bermotor harian.
  4. Kaki-kaki dan mesin boleh dikrom atau poles.
  5. Maks bodi utama standart motor dan boleh melakukan penggantian atau penambahan sub body dengan teknik mix & match  ataupun bold on.
  6. Spesifikasi modif “safety riding”, wajib pasang spion, boleh aseso / standart motor. Wajib pasang platnom.
  7. Diharuskan ada headlamp, signlamp dan stoplamp.
  8. Boleh ganti warna : cat bunglon, mutiara, xyralic, hologram, glitter, dub city, ghost flame sederhana. Airbrush total tidak diperbolehkan.
  9. Stiker standar pabrik bisa dikelupas, boleh ganti cutting stiker atau digital printing.
  10. Mencoak bodi diperbolehkan, sepanjang tidak frontal, aplikasi fibertrens hanya diperbolehkan untuk pendukung pernik asesoris (bukan pendukung bodi), seperti rumah tacho.
  11. Kaki-kaki “terbatas” dimodifikasi. Penggantian kaki-kaki tidak boleh frontal, maksimal ganti tabung sok aksesoris, upside down variasi, piringan cakram besar dan giga disc, asesoris toko dan pelek variasi.
  12. Modifikasi kaki harus konvensional, monosok tidak diperbolehkan, kecuali bagi motor yang dari standarnya sudah ber-monosok.
  13. Pengereman dibatasi : maksimal single cakram depan - belakang (sisi kanan untuk rem belakang). Multikaliper tidak diperbolehkan & Buell custom dilarang, kecuali aplikasi Velg variasi Buell.
  14. Boleh memakai ban standar pabrik / variasi, dengan alur / tread / polosan / non slick. Tidak dibatasi ukuran, harus menggunakan ban sepeda motor.
  15. Sistem penggerak/kaki-kaki harus konvensional (harus rantai atau CVT).
  16. Jok dan covernya bebas diganti produk variasi. Aklirik, fiber, single seater, plat & bordes “Tidak diperbolehkan”.

 

KELASCLASSIC FASHION

1. Kelas khusus untuk motor model klasik  yang dimodifikasi cantik, baik berbasis sport, bebek

    atau skuter (Vespa). (RX series, CB series, bebek C/V series, Vespa)

2. Terbuka bagi semua motor jenis/model klasik yang sudah mengalami perubahan/modifikasi,

    baik restorasi maupun retroisasi, dengan tetap menggunakan roda utama dua. Diperbolehkan

    mengaplikaksi side car/suspan.

3. Item penilaian : performa semua bagian motor, kreativitas, cat, stripping, pemakaian aksesoris,

    kelistrikan, trend, inovasi, tipstrick, inovasi dan paling utama keserasian universal.

4. Aplikasi aksesori variasi jumlah banyak/mahal, merk cat mahal, belum tentu meraih point

    tinggi.

5. Bebas melakukan proses poles atau krom.

6. Maksimal bodi utama standart motor dan boleh melakukan penggantian atau penambahan sub

    body dengan teknik mix & match, custom sederhana ataupun bold on.

7. Boleh melakukan proses re-paint : cat bunglon, mutiara, xyralic, hologram, glitter, dub city,

    ghost flame atau airbrush.

8. Kaki-kaki “terbatas” dimodifikasi. Penggantian kaki-kaki tidak boleh frontal, maksimal ganti

    sok variasi, upside down variasi, piringan cakram dan pelek variasi. Aplikasi velg & ban

    bukan motor dilarang.

9. Layak jalan dan fungsional.

 

KELAS CUSTOM MODIFY

1. Terbuka, baik bebek, sport dan matic.

2. Gaya modif bebas, boleh low rider untuk matic, boleh transfer bodi atau fiber untuk

     bebek dan sport. Sedangkan untuk sport boleh non-fairing, seperti: streetfigther, street

 bike, trail, supermoto, naked. Bisa juga modifikasi fairing, seperti sport fairing/model

 balap luar seperti sport bike fairing, superbike, supersport, MotoGP, Moto2 dll.

3. Noka/nosin standar/orisinil dan tidak diubah secara frontal, sedangkan subframe bisa dipotong/modifikasi/direkonstruksi.

4. Tidak mengutamakan basis mesin (konfigurasi/kapasitas/jenis mesin).

5. Diutamakan bagi motor dengan "stereotif bentuk sebuah bebek, sport dan matic".  

6. Jeroan mesin dan komponen pendukung ataupun komponen lainnya bisa dimodifikasi atau diganti dengan variasi.

7. Diperbolehkan memakai cover bodi motor bermerk lain, termasuk lampu-lampu.

8. Kaki-kaki “terbatas” dimodifikasi. Penggantian kaki-kaki tidak boleh terlalu frontal,  maksimal pemakaian tabung sok aksesoris, monosok, piringan cakram besar/Ninja, giga disc.

9. Pemakaian konstruksi sistem pengereman non konvensional dilarang. Contohnya: BIB, dll. 

10. Dobel cakram tiap pelek diperbolehkan. 

11. Multikaliper, dan multikarbu tidak diperbolehkan.

12. Sistem konstruksi kaki-kaki dan penggerak harus konvensional.

13. Monoarm, suspensi, dan kaki limbah moge diperbolehkan.

14. Swingarm dan fork  hand made diperbolehkan asal berkonstruksi konvensional, seperti swingarm extended, banana dobel arm, springer fork atau garpu/up side down custom (kondom/sok dibalik). 

15. Penggerak orbital/gardan/TTS/cantilever/transfer sytem baru "tidak"  diperbolehkan, kecuali V-belt dan timing belt diperbolehkan.

16.  Bodi bebas dimodifikasi (fiber custom, plate custom, coak, ganti bodi merk Honda).

17. Aplikasi aksesori variasi dalam jumlah banyak dan mahal belum tentu meraih point tinggi.

18. Gaya yang dianut bebas, bisa sport fairing, sport cruiser, super motto, hypermotrad, naked bike dll

19.Aplikasi pelek handmade diperbolehkan selama konstruksinya konvensional dan harus       menggunakan ban sepeda motor (non mobil)

20. Item penilaian : performa semua bagian motor, model/bentuk/aliran yang dianut (minimalis, naked bike, standar) inovasi, kreativitas, cat/airbrush, stripping, pemakaian aksesoris, kelistrikan, trend, tipstrick, tingkat kesulitan dan keserasian universal.

 

KELAS RETRO KUSTOM OPEN

1. Diperuntukkan bagi modifikasi semua jenis motor (bebek, sport, matic, vespa) yang sudah

 mengalami perombakan dari standarnya atau dirombak total/custom dengan konsep kustom 

 klasik/retro style.

2. Konsep dan desain harus jelas, boleh ganti kelamin/transeksual. Bisa mengaplikasi body

   custom berbahan fiber glass/plat/fiber.

3. Gaya yang dianut aliran custom klasik bebas, boleh jap’s style, old school, street tracker,

   board tracker, brat style, choppy cub, vintage retro, bobber, cafe racer dll.

4. Diperuntukan bagi motor dengan desain/model dan pengerjaan kaki, body dan chasis

   sempurna, terutama segi pra-cetakan, lekukan, pengelasan dan finishing. Bentuk stereotif dan

   komposisi/keserasian model klasik/retro kustomnya diutamakan.

5. Item penilaian terdiri atas performa semua bagian motor, bentuk/model, kreativitas,

  cat/airbrush, aksesoris, kelistrikan, tipstrick mengatasi masalah modifikasi, trouble shooting,

  tingkat kesulitan pengerjaan dan keserasian universal.

6. Rangka/chasis boleh bikinan sendiri (custom/handmade)

7. Kaki-kaki dan penggerak harus konvensional. Orbital, gardan, cantilever, single sided arm &

  fork serta penggerak system baru tidak diperbolehkan, Penggerak/gardan custom haram, tetapi

  gardan eks. standar motor bisa dipakai.

8. Boleh mengaplikasi pelek handmade selama konstruksinya konvensional, diperbolehkan

   menggunakan ban eks. mobil selama mendukung konsep retronya, diperkenankan

   menggunakan unit cakram konvensional maksimal 2 lingkar sisi depan dan 2 lingkar sisi

   belakang dengan satu kaliper di setiap piringan cakramnya (Buell dan BIB diperbolehkan).

   Khusus penggerak drive belt dan timing belt diperbolehkan.

9. Khusus drive belt, timing belt dan girboks tambahan diperbolehkan.

10. Limbah moge diperbolehkan, multi cakram, multikarbu, multi kaliper diperbolehkan.

11. Boleh menggunakan bodypart dan lampu merek apapun.

12. Mengutamakan modifikasi dari kaum retro/kustom lover yang unik dan estetik, terutama dari

   segi   konsep/desain dan harus bisa diaplikasikan di jalan (layak jalan). Mengutamakan

   performa universal, ide kreasi baru, trend anyar dan tips trick menaklukan sebuah masalah

   modifikasi motor.

12. Layak jalan dan fungsional.

 PERANG CEPER

1. Untuk tipe bebek dan sport, model ceper fungsi. Performa luar tidak dihitung. Teknik

   ceper bebas, boleh tekuk/potong rangka, namun “dilarang memodifikasi posisi braket/dudukan

   mesin”.

2. Tekanan ban minimal 30 psi. Diameter ban minimal R-17, dilarang menggunakan ban sepeda

   angin.

3. Wajib tetap memakai piranti sok belakang, baik fungsi / rigid, boleh dobel sok / monosok.

4. Tingkat keceperan : diukur dari permukaan paling datar bidang bawah mesin, yakni jarak

    pelindung girboks/crankcase paling datar terhadap bidang ukur.

5. Satu joki/starter hanya diperbolehkan mengendarai satu motor ceper. Jika menjoki motor lain,  

   akan  didiskualifikasi.

6. Wajib ikut test layak jalan di lintasan yang ditentukan panitia/Ototrend dengan batasan

    waktu maksimal disesuaikan terhadap panjang dan tingkat kesulitan lintasan.

7. Item penilaian : ukuran keceperan, waktu tempuh tes kelayakan jalan dan jumlah

    kesalahan/pinalti yang dikalkulasi terhadap ukuran keceperan.

8. Pemenang tidak diambil hanya dari motor dengan tingkat keceperan paling rendah saat

    pengukuran, melainkan juga dari kecepatan dan ketepatan waktu tempuh yang dikalkulasi juga

   dengan pemotongan point atas kesalahan saat tes jalan.

9. Jika waktu tempuh peserta melebihi batas waktu yang ditentukan panitia, maka akan

    dijatuhkan finalti penambahan point keceperan sebesar 0,5 cm, jika peserta tidak melewati

    satu cone sirkuit, akan dijatuhkan finalti penambahan keceperan 0,25 cm  dan jika terjadi satu

    kesalahan kaki menyentuh tanah maka akan dijatuhkan finalti penambahan point keceperan

    sebesar 0,05 cm.

 

THE BEST NOMINEE :

THE BEST NOVICE STREET RACING LOKAL AB

Penghargaan khusus untuk motor peserta Engine Tune Up 2017 khusus lokal plat AB yang mengunggah konsep modif street racing strata pemula/rookies terbaik, ditinjau dari konsep yang dikorelasi dengan finishing, detail, kesederhanaan proses modifikasi aliran balap jalanan.

 THE BEST NOVICE PURE THAILOOK LOKAL AB

Penghargaan khusus untuk motor peserta Engine Tune Up 2017 khusus lokal plat AB yang mengunggah konsep modif Thailand harian strata pemula/rookies terbaik, dengan konsep sederhana dan tidak melebihi budget modif Rp.5 Juta.

 THE BEST MODIFICATOR PARTICIPANT LOKAL AB

Penghargaan khusus untuk modifikator/rumah modif (bukan klub/komunitas) dari seputaran Yogyakarta Raya yang mengikutkan motor karya modifnya di ajang Engine Tune Up 2017 dalam jumlah paling banyak.

 THE BEST CLUB PERFORMANCE LOKAL AB

Penghargaan khusus untuk klub otomania asal Yogyakarta raya, atas partisipasinya mensukseskan otokontes Engine une Up 2017, baik dalam hal performa klub, kekompakan antar anggota, atribut serta performa motor yang diikutkan dalam otokontes.

 THE UNIQUELY MODIFY LOKAL AB

Penghargaan khusus untuk motor peserta Engine Tune Up 2017 khusus lokal plat AB, yang merilis konsep modifikasi paling unik, dari berbagai segi, seperti tema, konsep, inovasi modif yang bisa dipertanggungjawabkan fungsionalitas dan kelayakan jalannya.

 THE BEST MOTHAI OPEN

Penghargaan khusus untuk motor peserta Engine Tune Up 2017 yang mengunggah konsep modif Thailand style, baik Pure Thailook, Mothai Otre style atau pun Racing Mothai terbaik. Ditinjau dari pakem, trend, inovasi, variasi dan finishing gaya Thailand.

 THE BEST JAP’S STYLE

Penghargaan khusus untuk motor peserta Engine Tune Up 2017 yang mengangkat konsep modif kustom retro Japanese style terbaik, baik itu aliran Street Tracker, Brat Style, Choppy Cub atau Street Cub dengan pakem kustom, finishing serta detailing khas Japanese kulture.

 THE BEST CAFE RACER

Penghargaan khusus untuk motor peserta Engine Tune Up 2017 yang mengunggah konsep modifikasi racing klasik Eropa Era 1960-an dengan model serta desain terbaik, terapi, serasi dan sesuai pakem.

 THE BEST VINTAGE BIKE

Penghargaan khusus untuk motor peserta Engine Tune Up 2017 yang mengusung konsep genuine klasik terbaik, meliputi motor klasik produksi Jepang, Eropa atau Amerika dengan mengedepankan aspek originalitas universal.

 THE BEST PAINTING ART

Penghargaan khusus untuk motor peserta Engine Tune Up 2017 dengan aspek finishing terbaik, ditinjau dari kerapian pengerjaan, inovasi, tingkat kesulitan, efek 3D, trend painting dan kesempurnaan pelapisan clear.

 THE BEST DETAILING

Penghargaan khusus untuk motor peserta Engine Tune Up 2017 dengan detail pengerjaan terbaik, ditinjau dari aplikasi asesoris aftermarket atau custom, finishing serta kerapian pengerjaan universal.

 THE BEST MOTO TRENDSETTER

Penghargaan khusus untuk motor peserta Engine Tune Up 2017 yang merilis sebuah trend modifikasi terbaru dan belum pernah ada. Ditinjau dari inovasi modif terbaru, tips modif, gebrakan baru seputar dunia modifikasi, yang inspiratif dan berpeluang untuk menjadi sebuah trend modifikasi yang tepat guna ke depannya. 

 THE MOST INNOVATIVE

Penghargaan khusus motor peserta Engine Tune Up 2017 yang menyuguhkan sebuah inovasi modifikasi terbaik, dengan aspek keunikan ide serta inspirasi yang dapat dipertanggungjawabkan fungsionalitasnya.

 TOO DAMN LOW

Penghargaan khusus untuk motor peserta Perang Ceper Engine Tune Up 2017 yang mencetak rekor tingkat keceperan terrendah, dihitung dari permukaan paling datar bidang bawah mesin, yakni jarak pelindung girboks/crankcase paling datar terhadap bidang ukur

 THE FASTEST LAP

Penghargaan khusus untuk motor peserta Perang Ceper Engine Tune Up 2017 yang mencetak rekor kecepatan tersingkat dalam menakklukkan tes jalan Perang Ceper. 

 THE FURTHEREST MOTO

Penghargaan khusus untuk motor peserta Engine Tune Up 2017 yang hadir paling jauh, dihitung dari jarak yang ditempuh dari kota asal hingga kota penyelenggaraan otokontes. Bukan dari Plat Nomor motor peserta atau KTP peserta.

 THE KING OF ENGINE TUNE UP 2017 UNIVERSITAS SANATA DHARMA YOGYAKARTA

Penghargaan khusus untuk motor peserta Engine Tune Up 2017 yang dianggap sebagai motor dengan hasil modifikasi terbaik / paling sempurna yang ditinjau dari segala aspek modifikasi.

 SELAMAT BERLOMBA & JUNJUNG TINGGI SPORTIFITAS

 


  1. I. PENDAFTARAN DAN TEKNIKAL METING
  2. Pendaftaran dilakukan dengan cara mengirimkan video atau rekaman band saat bermain atau tampil ke email : yanarestiyanto451@gmail.com dengan Subject Parade_Nama Band_Aliran Band_nomor HP yang dapat di hubungi
  3. Teknikal Meeting ( TM ) dilaksanakan pada Jumat 27 Oktober 2017 pk.14.00 WIB bertempat di ruang,kampus III Sanata Dharma Paingan Maguwoharjo Ygyakarta.
  4. Peserta wajib mengahadiri teknikal meeting, dengan mengirim perwakilan 1 – 2 orang delegasi dari setiap group.
  5. Ketentuan lain yang belum tertera akan diatur kemudian oleh pihak panitia sesuai situasi dan kondisi yang berlaku pada saat acara berlangsung.

 KEHADIRAN

  1. Peserta hadir paling lambat 1 jam sebelum acara dimulai.
  2. Peserta Wajib mengkonfirmasi kehadiran kepada pihak yang bertanggungjawab.
  3. Peserta wajib membawa alat music pribadi, memberikan daftar barang bawaan kepada panitia pada saat konfirmasi.
  4. Peserta yang datang terlambat atau tidak hadir dinyatakan mengundurkan diri dan didiskualifikasi.

 PENAMPILAN

  1. Peserta standby di belakang panggung paling lambat 15 menit sebelum tampil dan sudah mempersiapkan alat masing-masing.
  2. Jika dalam waktu 10 menit sebelum peserta di panggil tidak hadir, maka akan di anggap mengundurkan diri.
  3. Perserta membawakan 2 buah lagu dengan durasi 15 menit
  4. Panitia akan memberitahukan sisa waktu kepada peserta yang tampil 5 menit sebelum durasi berakhir.
  5. Panitia berhakmeng-cut  secara sepihak apabila peserta melewati batas waktu yang ditentukan.

 IV. MATERI LAGU

  1. Lagu yang dibawakan terdiri dari 2 lagu, 1 lagu wajib dari panitia dan 1 lagi bebas dari masing-masing group band.
  2. Pilihan lagu wajib :     1. Kebyar-kebyar -

2. Bendera - Coklat

3. Indonesia Jaya

  1. Bila membawakan lagu ciptaan sendiri, lirik tidak boleh mengandung unsur SARA, dan pornografi atau memicu kerusuhan.
  2. Lagu ciptaan sendiri harus original dan bukan merupakan gubahan atau saduran dari lagu yang sudah ada.
  1. PENILAIAN
  2. Penilaian dilakukan oleh juri dari panitia acara.
  3. Penilaian ada 2 tahap,yaitu melalui seleksi video yang di berikan, dan kami akan memilih 5 band terbaik yang akan tampil. Setelah tampil band tersebut akan diseleksi saat performace
  4. Dasar penilaian meliputi :
  • Performance (aksi panggung, interaksi, kostum)
  • Skills (kreatifitas, improvisasi)
  • Harmonisasi (musikalitas, arransemen, kekompakan)
  • Keputusan juri adalah mutlak dan tidak dapat diganggu gugat
  1. PERATURAN  UMUM
  2. Dilarang menampilkan atau mempertontonkan aksi panggung yang berbau SARA, politik atau pornoaksi.
  3. Dilarang membuat keributan atau memprovokasi pada saat tampil dan selama acara berlangsung.
  4. Dilarang membawa obat-obatan terlarang, minuman keras, ataupun benda tajam/berbahaya lainnya pada saat tampil dan selama acara berlangsung.
  5. Peserta wajib menjaga ketertiban, kenyamanan, kebersihan dan kelancaran acara.
  6. Peserta bersaing secara sehat tanpa ada tekanan dari pihak manapun atau intimidasi kepada peserta lainnya
  1. KHUSUS
  2. Peserta berhak membawa crew, supporter, fans, atau massa
  3. Peserta yang membawa supporter, fans, atau massa wajib mengkoordinir massanya untuk menjaga ketertiban, kenyamanan dan kelancaran acara.
  1. SANKSI

Peserta yang dinilai melanggar peraturan dan ketentuan yang berlaku dinyatakan gugur atau di diskualifikasi.

  1. IX. PENGHARGAAN
    1. Pemenang akan tampil pada acara malam puncak Engine Tune Up 2017 ( 1 band )

~~~

FAKULTAS

Fakultas Ekonomi
Fakultas Farmasi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Psikologi
Fakultas Sains dan Teknologi
Fakultas Sastra
Fakultas Teologi
Program Pasca Sarjana

BIRO

Biro Administrasi Akademik
Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional
Biro Layanan Umum
Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi
Biro Keuangan
Biro Personalia
Biro Sarana dan Prasarana
Biro Hubungan Masyarakat

LEMBAGA

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Lembaga Bahasa
Lembaga Penjaminan Mutu

PROGRAM KURSUS BERSERTIFIKAT

English Extension Course
Pel. Kom. Interaktif Bhs Inggris P 60 Jam
Indonesian Language & Culture Intensive Course

LINK

Lembaga Studi Realino
ExeLSa
MonEvIn
Oriental Scholar
Politeknik Mekatronika Sanata Dharma
 

KONTAK

humas@usd.ac.id

USD WEB BADGE

WebBadge USD

JEJARING SOSIAL

Facebook Sanata Dharma Twitter Sanata Dharma Instagram Sanata Dharma
© 2017 - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  54.198.52.8: - 1320.7 ms  |   19 user(s) online