Universitas Sanata Dharma : www.usd.ac.id

Lembaga Penelitian dan Pengabdian
Kepada Masyarakat

Loading
HOMEPROFILEPENELITIANPENGABDIANPUSATPUBLIKASI USDBERITAKONTAK

  Berita LPPM

PEMBERDAYAAN KELOMPOK PENGRAJIN BATIK DESA TEGALREJO  ●
hal.   1 
PEMBERDAYAAN KELOMPOK PENGRAJIN BATIK DESA TEGALREJO
15/11/2016

Universitas Sanata Dharma (USD) Yogyakarta menyelenggarakan KKN Reguler ke-52 berlokasi di Desa Tegalrejo dan Desa Watugajah, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi DIY sejak 12 Juli 2016 hingga 11 Agustus 2016 dengan mahasiswa peserta berjumlah 126 orang didampingi oleh 4 orang DPL.

Pelaksanaan KKN di Desa Tegalrejo diikuti 66 orang mahasiswa dan 2 orang DPL, yaitu Petrus Setyo Prabowo dan Dwiseno Wihadi. Program utama KKN di Desa Tegalrejo mengambil topik pemberdayaan masyarakat pengrajin batik. Program tersebut dilaksanakan dengan pendanaan dari USD dan DRPM, Ditjen Riset dan Pengembangan, Kemenristek-Dikti melalui hibah skema KKN-PPM Pembelajaran dengan judul ”Peningkatan Perekonomian Masyarakat Desa Tegalrejo, Kabupaten Gunungkidul Melalui Pemberdayaan Pengrajin Batik”. Tim pelaksana program tersebut adalah kedua orang DPL di atas dibantu Stefan Mardikus sebagai representasi dari Pusat KKN-USD. Tim ini bermitra dengan pihak Pemerintah Desa Tegalrejo. Program KKN-PPM tersebut menitikberatkan kegiatan pada beberapa aspek, yaitu penguatan organisasi, peningkatan kemampuan teknis para pengrajin, serta perbaikan pemasaran.

Pada aspek penguatan organisasi, tim pelaksana melaksanakan kegiatan  revitalisasi tiga kelompok, yaitu Randu Alas (Dusun Tegalrejo), Candi Indah (Dusun Candi), dan Putri Sekar Trembono (Dusun Trembono). Selain membantu penyusunan kepengurusan, tim juga menyusun draft Anggaran Dasar (AD) kelompok. Tim pelaksana juga menghibahkan bahan dan alat produksi untuk penguatan modal kelompok.

Pada aspek peningkatan kemampuan teknis, kegiatan pelatihan telah mampu meningkatkan kemampuan pengrajin hingga sampai menguasai tahap pewarnaan. Di samping itu juga dilaksanakan lomba desain batik untuk meningkatkan kemampuan para pengrajin dalam inovasi desain, serta kegiatan membatik bagi anak-anak SD untuk menumbuhkan kecintaan terhadap budaya lokal.

Pemasaran melalui media sosial yang dilakukan oleh tim pelaksana bersama para mahasiswa telah mampu meningkatkan penjualan produk kelompok-kelompok tersebut. Di samping itu, para mahasiswa juga membantu penataan ruang usaha dan showroom yang layak.

Berdasarkan capaian pelaksanaan kegiatan, USD bersama pihak Pemerintah Desa Tegalrejo perlu melanjutkan program ini melalui hibah DRPM skema IbDM (Ipteks bagi Desa Mitra) untuk menjaga keberlanjutan program.
      

 
© 2017 - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  Kontak Kami   |  1 user(s) online