Teknik Informatika

Fakultas Sains dan Teknologi - Universitas Sanata Dharma

BERITA

1. Lomba External Web Server Tingkat SMA/SMK se-Yogyakarta
20 December 2016

Pendaftaran lomba ini mulai tanggal 18 Juli 2016 sampai 15 September 2016. Lomba ini diikuti oleh 21 peserta. Sebagian besar peserta lomba ini berasal dari SMK N 2 Depok. SMK Negerei 2 Depok Sleman mengirimkan 15 peserta, SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta mengirimkan 3 peserta, SMK Bina Harapan mengirimkan 2 peserta dan SMK Piri 1 Yogyakarta mengirimkan 1 peserta. Sebelum pelaksanaan lomba berlangsung, sehari sebelumnya diadakan technical meeting di ruang Multimedia Kampus III Universitas Sanata Dharma untuk memberi panduan kepada peserta lomba bagaimana proses pelaksanaan lomba tersebut akan berlangsung. Pada tanggal 16 September 2016 pukul 08.00 WIB peserta lomba sudah bisa datang ke tempat pelaksanaan lomba untuk melakukan registrasi ulang. Sampai pukul 09.00 WIB peserta lomba sudah lengkap, kemudian peserta lomba diarahkan ke ruang Laboratorium Jaringan Komputer  yang digunakan untuk lomba.

Ketika pelaksanaan lomba berlangsung masing – masing siswa harus melakukan instalasi system operasi ubuntu server 1404 agar berfungsi dengan baik, melakukan konfigurasi server DNS dan melakukan konfigurasi mail server. Pelaksanaan lomba berlangsung selama 4 jam. Selama lomba berlangsung guru pembimbing dari masing-masing sekolah hanya bisa menunggu ditempat yang usdah disediakan. Setelah lomba selesai, peserta makan siang dan ada sesi foto. Setelah sesi foto peserta diperbolehkan pulang. Kemudian ketiga juri yaitu Henricus Agung Hernawan S.T., M.Kom, Iwan Binanto M.Cs. dan Vittalis Ayu S.T., M.Cs. menilai setiap hasil pekerjaan dari masing-masing peserta. Komponen – komponen yang dinilai antara lain adalah persiapan kerja, cara kerja, hasil kerja, sikap kerja dan waktu pengerjaan.

Setelah penilaian selesai dipastikan bahwa juara 1, juara 2 dan juara 3 berasal dari SMK Negeri 2 Depok Sleman. Juara 1 dimenangkan oleh Agallio Samai Suhardi, juara 2 dimenangkan oleh Muhammad Shulkhan Efendi dan juara 3 dimenangkan oleh Rizal Prasetya Nugraha.

Pada pelaksanaan IT Days tahun depan sebaiknya lomba external tetap dilaksanakan tetapi untuk lomba web server sebaiknya tidak perlu diadakan tahun depan. Hal ini dikarenakan berkaca dari tahun ini bahwa mencari peserta lomba sangat sulit dan sedikitnya peminat lomba. Jika akan mengadakan lomba external lebih baik mengadakan lomba yang memiliki minat peserta yang lebih banyak.

hal. 1  2  3  4  
© 2017 - Teknik Informatika - Fakultas Sains dan Teknologi - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta   | 3 user(s) online