Teknik Elektro

Fakultas Sains dan Teknologi - Universitas Sanata Dharma

PROFILE

Sejarah

Program Studi Teknik Elektro Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Sanata Dharma didirikan pada tanggal 26 April 1993 dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 48/D/0/1993 dan telah mendapatkan status Terakreditasi B dengan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional No. 006/BAN-PT/Ak-IV/V/2000. Re-akreditasi No: 020/BAN-PT/Ak-IV/X/2005 dengan status Terakreditasi B. Peringkat akreditasi Program Studi Teknik Elektro saat ini adalah B (SK No. 023/BAN-PT/Ak-XIII/S1/X/2010).

Program Studi ini didirikan untuk memenuhi kekurangan sumber daya manusia di bidang teknik elektro terutama di Indonesia. Oleh karena itu, Program Studi Teknik Elekro merasa perlu untuk selalu memperbaharui kurikulum agar lebih bisa menyiapkan lulusan yang siap untuk bekerja.  Dalam Kurikulum 2009 ini mahasiswa lebih banyak dibekali kemampuan motorik dan softskill agar mahasiswa lebih mandiri dan berguna bagi masyarakat.

            Program pendidikan Sarjana Strata-1 (S-1) di Program Studi Teknik Elektro dirancang untuk menghantarkan mahasiswa menjadi seorang sarjana yang profesional dengan kompetensi di bidang elektronika, sehingga kurikulumnya menitikberatkan pada  konsentrasi Teknik Elektronika dengan 2 (dua) macam peminatan yaitu Kendali dan Telekomunikasi. Kajian peminatan Kendali meliputi Mikrokontroler, Kendali Terprogram, Robotika, Elektronika Daya, Perancangan Pengendali dan Mesin Listrik dalam Industri sedangkan kajian peminatan Telekomunikasi meliputi Teknik Modulasi, Elektronika Komunikasi, Teknik Switching, Komunikasi Digital, Sistem Transmisi Telekomunikasi dan Komunikasi Bergerak. Kajian  khusus tentang Integrasi Teknologi Komunikasi dan Kendali adalah Sistem Telemetri

            Meskipun kurikulumnya dititik beratkan pada konsentrasi Teknik Elektronika, namun mahasiswa juga dibekali dengan pengetahuan dasar bidang komputer, ketenagalistrikan, dan kewirausahaan, sehingga lulusan diharapkan dapat bekerja di bidang yang lebih luas. Banyak hal yang harus dikembangkan oleh mahasiswa untuk melatih kemandirian melalui pengamatan, penalaran, dan belajar sendiri, oleh karena itu kurikulum program studi ini mencantumkan beberapa Kegiatan Tanpa SKS seperti Kuliah Kerja Lapangan (KKL), Pelatihan Pengembangan Kepribadian Mahasiswa (PPKM) serta kegiatan klub-klub yang ada  di HMJTE. Dalam kurikulum ini diberikan pembelajaran matematika yang cukup padat, mengingat pentingnya matematika sebagai bahasa komunikasi ilmiah untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang bersifat kompleks dalam dunia industri. Materi matematika dasar diberikan pada matakuliah bidang kalkulus yaitu Kalkulus dan Metode Transformasi sedangkan materi lanjutan dan aplikasinya diberikan di matakuliah-matakuliah lain seperti Sistem Linier, mata kuliah bidang elektronika analog dan digital, mata kuliah Kendali Dasar, serta mata kuliah peminatan Kendali dan Telekomunikasi.

Program Studi Teknik Elektro mempunyai komitmen untuk menghasilkan lulusan yang mampu menghadapi tantangan dalam perkembangan teknologi yang cepat dan dalam kompetisi pencarian lapangan kerja yang ketat. Komitmen ini diformulasikan dalam visi dan misi Program Studi yang disesuaikan dengan visi dan misi Fakultas Sains dan Teknologi serta Universitas Sanata Dharma.

 

© 2017 - Teknik Elektro - Fakultas Sains dan Teknologi - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta