Teknik Elektro

Fakultas Sains dan Teknologi - Universitas Sanata Dharma

BERITA

DR. DAMAR WIDJAJA, ST, MT MENAMBAH JUMLAH DOKTOR DI PRODI TEKNIK ELEKTRO
21 November 2016

Pada tanggal 28 September 2016 lalu, program studi Teknik Elektro mendapatkan tambahan doktor baru dengan kelulusan Bapak Dr. Damar Widjaja, ST, MT dari School of Telecommunication Engineering, Institute of Engineering, Suranaree University Technology (SUT), Thailand. Dr. Damar Widjaja, ST, MT mendapatkan beasiswa penuh studi S3 dari SUT dengan skema SUT-Ph.D. Scholarship Program for ASEAN yang secara rutin memberikan 9 beasiswa bagi mahasiswa dari seluruh negara ASEAN.  Didukung beasiswa tersebut, Dr. Damar Widjaja, ST, MT berhasil menyelesaikan studinya dalam waktu 3 tahun 2 bulan dengan Indeks Prestasi 4,00 dan dinyatakan lulus dengan predikat Excellent.

Melalui disertasi yang berjudul Dynamic Threshold for SINR Based Vertical Handoff Decision in the Heterogeneous Network dengan pembimbing Assoc. Prof. Dr. Peerapong Uthansakul, Dr. Damar Widjaja, ST, MT mengusulkan teknik vertical handoff (perpindahan koneksi dari satu platform teknologi jaringan ke paltform teknologi jaringan yang lain, misalnya Wireless Local Area Network ke Cellular) berbasis SINR (Signal to Interference and Noise Ratio) dengan mempertimbangkan kecepatan mobilitas user. Usulan ini dapat diterapkan pada jaringan yang ada sekarang maupun jaringan masa depan (5G: 5th Generation Communication System). Manfaat dari riset tersebut adalah untuk meningkatkan throughput (kecepatan data), mengurangi jumlah handoff, mengurangi kemungkinan dropped call, mengurangi beban pada jaringan, dan meningkatkan kinerja jaringan komunikasi secara keseluruhan.  Hal tersebut pada gilirannya akan berdampak pada peningkatan kinerja pengiriman data multimedia dan peningkatan kepuasan pelanggan akan layanan multimedia. Hasil riset tesebut telah dipublikasikan pula dalam berbagai seminar maupun jurnal internasional.

Dengan selesainya Dr. Damar Widjaja, ST, MT  maka   kini program studi Teknik Elektro memiliki 4 orang doktor dalam berbagai area riset yaitu  Dr. Damar Widjaja, ST, MT yang menekuni bidang riset wireless communication, mobile communication, digital communication, channel modelling, Dr. Ir. Linggo Sumarno, MT yang memiliki minat riset di bidang pattern recognition, image processing, dan signal processing, Dr. Ir. Iswanjono, MT yang memiliki minat riset di bidang teknik telekomunikasi, teknik kendali dan instrumentasi, serta Romo A.M. Ardi Handojoseno, SJ, S.T., M.Eng., Ph.D yang menekuni riset di bidang instrumentasi medis, neurotechnology, signal processing, dan computational intelligence.

Kerjasama para doktor tersebut dengan berbagai pihak di dalam maupun luar USD   diharapkan dapat semakin meningkatkan kualitas pembelajaran, penelitian, dan kontribusi ilmiah program studi Teknik Elektro Fakultas Sains dan Teknologi USD bagi masyarakat.                                     ---- (pr)   

          

hal. 1  2  
© 2017 - Teknik Elektro - Fakultas Sains dan Teknologi - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta