Teknik Elektro

Fakultas Sains dan Teknologi - Universitas Sanata Dharma

BERITA

Kegiatan Abdimas Program Studi Teknik Elektro
10 November 2016

Kegiatan Abdimas Program Studi Teknik Elektro untuk meningkatkan Ketrampilan Programmable Logic Controller (PLC) pada Guru SMKN1 dan SMKN7 Purworejo, Jawa Tengah.

            Pertumbuhan industri di Indonesia memerlukan tenaga kerja atau sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas.Disisi lain, banyak lulusan SMA dan pendidikan tinggi yang tidak dapat direkrut karena kualitas lulusan SMA dan pendidikan tinggi tidak sesuai dengan kualitas ketrampilan yang dibutuhkan. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya jumlah penganggur (per Agustus 2012) 19,47% yang merupakan lulusan SMA dan 12,11% merupakan lulusan pendidikan tinggi.Salah satu solusi yang diambil Pemerintah adalah dengan membangun SMK.Dalam pelaksanaannya, kualitas lulusan SMK-pun belum memuaskan karena dukungan dana pemerintah masih belum maksimal terutama untuk penyediaan sarana dan prasarana praktek bagi peningkatan ketrampilan.

Salah satu ketrampilan yang diharapkan menjadi bekal lulusan SMK terutama Program Studi Teknik Instalasi Listrik, adalah ketrampilan dalam bidang PLC (Programmable Logic Controller).  Hal ini mengingat bahwa sudah banyak industri otomasi di Indonesia yang menggunakan PLC.  Agar bisa memberikan bekal ilmu dan ketrampilan PLC kepada para siswa dengan baik, pertama-tama ketrampilan para guru dalam bidang PLC harus  ditingkatkan lebih dahulu.

Berangkat dari hal tersebut, maka kelompok dosen Teknik Elektro USD mengadakan kegiatan Abdimas untuk meningkatkan Ketrampilan Programmable Logic Controller (PLC) pada Guru SMKN1 dan SMKN7 Purworejo, Jawa Tengah sebagai salah satu upayauntuk meningkatkan ketrampilan para gurudi SMK tersebut dalam bidang PLC. Kegiatan ini mendapatkan dukungan dana sepenuhnya dari Dikti melalui mekanisme Hibah IbM.

Kegiatan ini berupa penyusunan modul pelatihan oleh 2 orang dosen TE, yaitu Ir. Th. Prima Ari, M.T dan B. Wuri Harini, ST., MT. Selanjutnya adalah kegiatan pelatihan ketrampilan PLC bagi guru pada tanggal 12 – 15 Mei 2016, bertempat di SMKN 1 Purworejo. Kegiatan diikuti oleh 19 guru di kedua SMK tersebut. Kegiatan Pelatihan melibatkan 2 dosen lain yaitu Petrus Setyo Prabowo, ST., MT, dan Martanto, ST., MT serta laboran (FX. Surya Asih Subroto) dan 2 mahasiswa (Hans dan Savio).

Antusias guru sangat terasa sehingga kegiatan berjalan dengan lancar dan menyenangkan. Hal ini juga dibuktikan dari hasil kuesioner yang diisi setelah selesai pelatihan. Pelatihan juga mampu meningkatkan kemampuan para guru dengan peningkatan sebesar 119,7%. Kualitas modul yang dibuat juga sudah sangat baik, terbukti dengan nilai evaluasi sebesar 4,785 dari skala 5.

Pada akhir kegiatan para guru menyampaikan kepuasannya dan keinginannya untuk melanjutkan kegiatan pelatihan untuk bidang-bidang ilmu yang lain.

 

 

 

 

 

 

 

hal. 1  2  
© 2017 - Teknik Elektro - Fakultas Sains dan Teknologi - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta