Ekonomi Manajemen

Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma

<< WEB FAKULTAS
Ekonomi - Manajemen :: usd.ac.id

Profile

 
PENDIDIKAN
 

 

Program Studi Manajemen secara khas menyelenggarakan pendidikan dengan kurikulum yang didisain mempersiapkan lulusan siap menjadi bagian dari masyarakat yang mampu mengambil peran di dalam penciptaan lapangan kerja melalui kewirausahaan maupun siap menjadi karyawan potensial bagi industri untuk menyediakan produk dan jasa bagi masyarakat. Kurikulum berbasis kompetensi yang dirancang sebesar 147 sks diyakini akan dapat diselesaikan dalam waktu 4 tahun atau 8 semester. Kompetensi lulusan mengacu pada SK Mendiknas No. 045/U/2002.

1.      Pengembangan Kepribadian (learning to be a mankind)

Memiliki dan dapat menunjukkan kemandirian berpikir, bersikap rasional, dan dinamis, berpandangan luas sebagai manusia intelektual serta dapat menunjukkan integritas, moralitas, kepekaan dan solidaritas multi-sosiokultural yang tinggi.

2.       Keilmuan dan Ketrampilan (learning to know-what)

Menguasai ilmu dan ketrampilan yang diperlukan sebagai landasan penguasaan ilmu Manajemen di bidang Keuangan, Pemasaran, Operasi, dan Sumber Daya Manusia.

3.       Keahlian Berkarya (learning to know-how)

     Menguasai prinsip-prinsip ilmu manajemen di bidang manajemen Keuangan, Pemasaran, Operasi, dan Sumber Daya Manusia untuk dapat digunakan dalam menjalankan pengelolaan organisasi pada umumnya, dan organisasi bisnis pada khususnya.

4.       Perilaku Berkarya (learning to be professional)

Memiliki kemampuan mengembangkan gagasan secara inovatif untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah-masalah yang muncul dalam pengelolaan organisasi pada umumnya, dan organisasi bisnis pada khususnya.

5.       Berkehidupan Bersama (learning to live together)

     Memiliki kemampuan untuk berpartipasi (participating), melibatkan diri (involving) dan berinteraksi (interacting) dalam   kerja sama sebuah tim dan dalam tata pergaulan kehidupan  dengan lingkungan terkait pengelolaan organisasi pada umumnya, dan organisasi bisnis pada khususnya.

 

Di samping kompetensi di atas, lulusan akan memiliki ketrampilan-ketrampilan di bawah ini:

  1. Technical skills

Para lulusan program studi FE USD memiliki ketrampilan teknis untuk melakukan tugas-tugas operasional dalam bidang manajemen. Sebagai contoh seorang  lulusan program studi  minimal bisa mengoperasikan program words, excel, power point .

  1. Logical Skills

Para lulusan program studi FE USD memiliki kerampilan  berpikir secara logis, berdasarkan  fakta, berdasarkan premis mayor dan premis minor, dan bukan semata-mata  berdasarkan intuisi ataupun feeling,

  1. Analytical Skills

Para lulusan program studi FE USD memiliki keterampilan berpikir secara analitis, dengan menghubungkan sebab akibat, mem-breakdown dari masalah kompleks ke masalah-masalah yang lebih sederhana.

  1. Ability to work independently

Para lulusan program studi FE USD dapat bekerja secara mandiri tanpa tergantung kepada orang lain.

  1. Oral and written Communications Skills

Para lulusan  Program Studi  Manajemen FE USD memiliki keterampilan  berbahasa lisan/tulis dalam bahasa Indonesia plus satu bahasa asing.

  1. Ability to Work in Team

Para lulusan program studi FE USD memiliki keterampilan bekerjasama dengan orang lain dalam suatu team.

 

Profile
Berita
Agenda
Fasilitas
Akademik
Pengumuman
KAMI MENJALIN KERJASAMA
© 2017 - Ekonomi Manajemen - Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta