Ekonomi

Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma

<< WEB FAKULTAS
Ekonomi - Ekonomi :: usd.ac.id

Profile

 
5. Kurikulum
 

Profil lulusan prodi ekonomi (1) mampu untuk menganalisis ekonomi  dengan perspektif kelembagaan yang berperan memecahkan masalah pada ekonomi, baik di level masyarakat biasa/rakyat; pemerintah, perusahaan dan lembaga-lembaga keuangan, secara lokal, nasional maupun global. (2) mampu merencanakan, mengelola sumber daya dan melakukan evaluasi atas pelaksanaan program ekonomi dan kebijakan yang berada di bawah tanggungjawabnya untuk menghasilkan langkah-langkah pengembangan strategis bagi organisasi yang diminatinya; (3) mampu mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan komunitas yang lebih luas; dan (4) mampu mengevaluasi diri dan mengelola pembelajaran diri sendiri sebagai seorang yang profesional. (5) memiliki dalam dirinya semangat magis memperjuangkan kebenaran dan keadilan untuk keluhuran martabat manusia.

Ekonomi kelembagaan adalah paradigma baru dalam ilmu ekonomi yang melihat kelembagaan (rule of the game) berperan sentral dalam membentuk perekonomian yang membentuk perekonomian yang efisien. Manusia bukan hanya makhluk rasional tapi juga makhluk emosional yang memiliki perasaan, selera, nilai,dan kecenderungan (insting) yang terikat dengan budaya. Selera, perasaan, nilai dan kecenderungan juga mempengaruhi transaksi atau interaksi yang dilakukan manusia. Pertukaran tidak hanya didasarkan pada makna-nilai guna (use values) dan nilai ekonomi (economic values), tetapi juga nilai tanda (sign values), dan nilai simbolik (simbolic values). Pilihan-pilihan ekonomi juga dipengaruhi oleh lingkungan fisik, sosial, budaya dan teknologi. Dunia ekonomi tidak dapat lepas atau bahkan dipengaruhi oleh faktor sejarah, sosial dan kelembagaan yang dinamis dan berubah. Perkembangan ekonomi selalu dikondisikan baik secara langsung atau tidak langsung oleh keadaan sosial dan kelembagaan yang melingkupinya.

Program Studi Ekonomi selain mengembangkan ilmu ekonomi kelembagaan yang berfokus bidang ilmu ekonomi mikro, lembaga keuangan, juga akan secara terpadu pada pengembangan peran sumberdaya manusia dalam pengelolaan sumber-sumber ekonomi dan sosial untuk menggali dan mengembangkan aspek kelembagaan sosial budaya yang melekat pada keberadaan kelembagaan unit ekonomi nasional.

Distribusi prosentase elemen kompetensi dengan SKS matakuliah berdasarkan kompetensi utama, pendukung dan lainnya disusun sebagai berikut

Elemen Kompetensi

Persentase SKS Mata Kuliah

dalam Kurikulum

Kompetensi Utama

Kompetensi Pendukung

Kompetensi

Lainnya

Pengembangan Kepribadian

5 %

5 %

-

Keilmuwan dan Keterampilan

20 %

10 %

-

Keahlian Berkarya

10 %

5 %

5 %

Perilaku Berkarya

10 %

5 %

5 %

BerkehidupanBersama

5 %

5 %

-

JUMLAH

60 %

30 %

10 %

 

Program Studi Ekonomi Memiliki lima bidang konsentrasi yaitu: Konsentrasi Ekonomi Kelembagaan pada Lembaga Keuangan; Konsentrasi Ekonomi Kelembagaan pada Pembangunan Sektoral; Konsentrasi Ekonomi Kelembagaan pada Ekonomi Internasional; Konsentrasi Ekonomi kelembagaan pada Kebijakan Publik dan Otonomi Daerah; Konsentrasi Ekonomi kelembagaan pada Ekonomi SDA dan Lingkungan

Profile
Berita
Agenda
Fasilitas
Akademik
Pengumuman
© 2017 - Ekonomi - Fakultas Ekonomi - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta