www.usd.ac.id
www.usd.ac.id
  Cerdas & Humanis
English Version  English Version
Loading
HOME TENTANG USD PENERIMAAN MAHASISWA BARU AKADEMIK
  Mail USD      Kontak
:: Berita Kegiatan
Talkshow Psychofest 2017: "Happy Mind, Happy Life"
USD | 09 October 2017 | 17:53 WIB
  
Talkshow Psychofest 2017:

Sabtu (7/10) Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma (USD) dengan bangga menyelenggarakan acara Talkshow dengan tema “Happy Mind, Happy Life”. Acara talkshow ini merupakan salah satu rangkaian acara besar Psychofest 2017. “Tema Happy Mind, Happy Life ini diangkat karena Psychofest 2017 mengangkat konsep Redefining Happiness dan juga kebetulan bulan Oktober merupakan hari Kesehatan Mental sedunia.” kata Theresia Resty selaku Koordinator Talkshow saat menyampaikan sambutan.

Ketua Program Studi Psikologi USD, Ibu Passchedona Henrietta S.Psi., M.A. juga memberikan sambutan. Beliau membuka sambutannya dengan memberi pertanyaan “Are you happy?” dan menutup sambutannya dengan mengatakan bahwa yang menentukan kita happy adalah diri kita sendiri. 

Acara talkshow ini dihadirkan tiga pembicara, yaitu bapak C. Siswa Widyatmoko, M. Psi. yang merupakan dosen bidang Klinis Fakultas Psikologi USD, Ibu Maria Muslimatun yang merupakan notaris Pejabat Pembuat Akta Tanah, dan juga Bapak Frengky S.Si., M.A yang merupakan praktisi terapi mindfulness. Acara talkshow ini dipandu oleh Drs. Thomas Aquino Prapanca (akrab disapa Mas Tatung) yang juga merupakan dosen bidang Klinis Fakultas Psikologi USD.

Talkshow ini dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama diisi oleh bapak C. Siswa Widyatmoko, M. Psi dan Ibu Maria Muslimatun. Bapak Siswa memaparkan mengenai definisi bahagia, indikasi dari orang yang bahagia, dan juga dampak dari orang yang bahagia. Beliau mengatakan bahwa bahagia berasal dari pikiran, sehingga sebisa mungkin dalam hidup ini kita berlatih untuk melihat bahwa kita punya pilihan. Ketika kita punya pilihan, maka hati kita akan menjadi lebih longgar, tidak merasa dibatasi. Terlalu banyak tuntutan, ekspektasi, dan keinginan akan membuat kebahagiaan menjadi mahal harganya dan sulit untuk diraih. Masih dalam sesi pertama, dilanjutkan oleh Ibu Muslimatun. Beliau lebih banyak menceritakan pengalamannya dalam menemukan kebahagiaan. Beliau merupakan seorang difabel sejak berumur 11 bulan, namun tetap bersekolah di sekolah umum dan berperilaku seperti orang pada umumnya. Pada intinya beliau mengatakan “Jangan pernah mengurung diri! Seburuk apapun kondisimu, terima saja, pasti ada hikmah di balik kondisi tersebut. Ingatlah bahwa Tuhan sudah mempunyai skenario untuk masing-masing orang. Kuncinya adalah selalu bersyukur dan percaya bahwa Tuhan selalu memberikan yang terbaik untuk kita semua”. Pada akhir sesi pertama, mas Tatung menyimpulkan bahwa kualitas kebahagiaan diukur dari keberanian kita untuk bersyukur dalam keadaan apapun. Setelah sesi pertama selesai, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Pada sesi ini, banyak peserta talkshow yang bertanya, bahkan beberapa dari mereka juga berani untuk menyampaikan masalah yang dihadapi di depan umum.

 Pada sesi kedua, diisi oleh Bapak Frengky S. Si., M.A. Dalam pemaparannya beliau mengatakan bahwa kebahagiaan tidak kita cari, namun kita ciptakan. Sebab apabila kita mencari, berarti kebahagiaan merupakan sesuatu yang hilang. Beliau mengajak kita semua untuk mulai menciptakan kebahagiaan daripola pikir bahwa I’m the creator of my own happiness. Beliau juga mengajak kita memiliki waktu untuk mengoreksi pola pikir dan mengingatkan untuk selalu waspada setia saat. Di akhir sesi, beliau mengajak kita semua untuk melakukan praktik mindfulness sederhana. Pada akhir sesi kedua, mas Tatung menyimpulkan bahwa Kita harus waspada dan berharap semoga semua orang berbahagia. Pada sesi kedua ini, juga dilanjutkan dengan dengan sesi tanya jawab. Banyak peserta yang menunjukkan antusiasmenya dengan bertanya.

“Acara talkshow ini bertujuan supaya orang-orang bisa mengerti tentang pengertian happy atau bahagia secara teoritis dari pemaparan para pembicara, kemudian juga sosok inspiratif dalam kebahagiaan, bahkan orang yang mengalami disabilitas pun, dia masih bisa menemukan kebahagiaan. Jadi, di sini peserta diharapkan bisa belajar dan mengerti kiat atau tips untuk bahagia, dan sesi praktik mindfullness sederhana yang diadakan di akhir acara diharapkan dapat membantu teman-teman untuk menjadi lebih bahagia” tutur Theresia Resty, selaku Koordinator Talkshow.

Setelah selesai sesi tanya jawab kedua, ada beberapa kuis yang diberikan dan juga pembagian hadiah bagi pemenang kuis berupa buku karya Bapak Frengky dan voucher Kedai OAK. Panitia melakukan evaluasi acara talkshow dengan membagikan angket. Pengisian angket diiringi dengan hiburan dari Musikologi yang merupakan Unit Kegiatan Fakultas Psikologi.

(IK)

<< kembali

FAKULTAS

Fakultas Ekonomi
Fakultas Farmasi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Psikologi
Fakultas Sains dan Teknologi
Fakultas Sastra
Fakultas Teologi
Program Pasca Sarjana

BIRO

Biro Administrasi Akademik
Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional
Biro Layanan Umum
Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi
Biro Keuangan
Biro Personalia
Biro Sarana dan Prasarana
Biro Hubungan Masyarakat

LEMBAGA

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Lembaga Bahasa
Lembaga Penjaminan Mutu

PROGRAM KURSUS BERSERTIFIKAT

English Extension Course
Pel. Kom. Interaktif Bhs Inggris P 60 Jam
Indonesian Language & Culture Intensive Course

LINK

Lembaga Studi Realino
ExeLSa
MonEvIn
Oriental Scholar
Politeknik Mekatronika Sanata Dharma
 

KONTAK

humas@usd.ac.id

USD WEB BADGE

WebBadge USD

JEJARING SOSIAL

Facebook Sanata Dharma Twitter Sanata Dharma Instagram Sanata Dharma
© 2017 - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  54.81.178.153: - 1914.2 ms  |   33 user(s) online