www.usd.ac.id
www.usd.ac.id
  Cerdas & Humanis
English Version  English Version
Loading
HOME TENTANG USD PENERIMAAN MAHASISWA BARU AKADEMIK
  Mail USD      Kontak
:: Berita Kegiatan
Calon Guru SD dari USD juga Bisa Bermain Seni Tari
USD | 13 June 2017 | 11:45 WIB
  
Calon Guru SD dari USD juga Bisa Bermain Seni Tari :: usd.ac.id

Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) biasanya bermain dengan pembuatan media pembelajaran maupun membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Namun di PGSD Universitas Sanata Dharma, tidak hanya itu yang dituntut, calon Guru SD di gembleng agar multitalent. Termuat mata kuliah Pendidikan Seni Drama, Pendidikan Seni Musik, dan Pendidikan Seni Tari untuk mahasiswa semester VI, di sini mahasiswa difasilitasi untuk menyalurkan bakat mereka di bidang seni. Masing-masing mata kuliah ini pun memiliki exit point dengan menampilkan karyanya di depan umum. Pada awal bulan Mei 2017, mahasiswa PGSD USD semester VI mengadakan Pertunjukan Seni Tari untuk memenuhi tugas akhir pada mata kuliah Pendidikan Seni Tari. Pertunjukkan ini diadakan di Pendopo PGSD dan terbuka bagi umum.

“Mahasiswa mampu membuat materi pembelajaran tari untuk anak SD. Mereka telah memiliki pengalaman berproses dalam penciptaan materi tersebut yang jauh lebih penting. Bagaimana mereka yang pada awalnya belum bisa menari kemudian belajar menari, membuat konsep tari, merangkai gerak, mentransfer ilmu pada rekan lain, termasuk mencari strategi untuk mengajari rekan lain yang belum bisa menari. Mata kuliah ini tidak hanya berakhir pada bentuk nilai, tetapi hasilnya bisa diterapkan dalam jangka panjang, yaitu sebuah produk tari untuk anak SD. Dan apa yang mereka kerjakan, hasilnya sangat membanggakan.” ujar Dosen Pendidikan Seni Tari, Bu Candra.

Proses memang tidak pernah menghianati hasil. Rata-rata dari setiap kelompok yang tampil, berdinamika dengan sangat serius hingga satu minggu bisa latihan hingga dua kali. Mahasiswa yang tapil pun rata-rata belum pernah menari maupun tampil di depan umum. Jadi memang mental mereka diuji. Memang perlu persiapan yang panjang, tak hanya mempersiapkan gerak dan iringan namun juga mempersiapkan bagaimana konsep yang akan dibawakan. Selain itu juga mencari nilai moral yang akan disampaikan kepada penonton. Tak hanya itu, mahasiswa juga mempersiapkan bagaimana gaya make up dan gaya pakaian yang dipakai sehingga nantinya sesuai dengan tema maupun gerakan. Dinamika ini tidak hanya bagaimana akan mempersiapkan penampilan tari namun juga banyak nilai yang terkandung pada dinamika tari ini.

(AMDA)

<< kembali

FAKULTAS

Fakultas Ekonomi
Fakultas Farmasi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Psikologi
Fakultas Sains dan Teknologi
Fakultas Sastra
Fakultas Teologi
Program Pasca Sarjana

BIRO

Biro Administrasi Akademik
Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional
Biro Layanan Umum
Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi
Biro Keuangan
Biro Personalia
Biro Sarana dan Prasarana
Biro Hubungan Masyarakat

LEMBAGA

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Lembaga Bahasa
Lembaga Penjaminan Mutu

PROGRAM KURSUS BERSERTIFIKAT

English Extension Course
Pel. Kom. Interaktif Bhs Inggris P 60 Jam
Indonesian Language & Culture Intensive Course

LINK

Lembaga Studi Realino
ExeLSa
MonEvIn
Oriental Scholar
Politeknik Mekatronika Sanata Dharma
 

KONTAK

humas@usd.ac.id

USD WEB BADGE

WebBadge USD

JEJARING SOSIAL

Facebook Sanata Dharma Twitter Sanata Dharma Instagram Sanata Dharma
© 2017 - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  54.80.140.5: - 1312.4 ms  |   17 user(s) online