www.usd.ac.id
www.usd.ac.id
  Cerdas & Humanis
English Version  English Version
Loading
HOME TENTANG USD PENERIMAAN MAHASISWA BARU AKADEMIK
  Mail USD      Kontak
:: Berita Kegiatan
Peringati Hari Lahir Pancasila:
"USD Menyukuri Pancasila, Merawat Indonesia"
USD | 02 June 2017 | 17:26 WIB
  
Peringati Hari Lahir Pancasila:<br>

“Tiada yang lebih tabah dari hujan di bulan Juni”. Kutipan ini merupakan kutipan awal dari puisi Sapardi Djoko Damono pada Juni yang dibasahi hujan ini. Tanggal  1 Juni 2017 merupakan hari kelahiran Pancasila. Siapapun tentu tahu bahwa Pancasila hadir di Indonesia sejak 1945 dengan menjadi ideologi bangsa. Hal ini tak lepas dari ketabahan dan kegigihan Ir. Soekarno yang telah dicetuskan dalam pidatonya yang berjudul Lahirnya Pancasila pada sidang BPUPKI. Setelah bertahun-tahun berlalu, hari kelahiran Pancasila akhirnya ditetapkan sebagai hari Nasional dan menjadi hari libur Nasional. Hal ini tak lain untuk kembali mengingatkan bangsanya akan nilai-nilai patriotik dalam Pancasila sebagai landasan negara.

Sebagai Institusi Pendidikan, Universitas Sanata Dharma (USD) sebagai wadah yang merawat dan mengembangkan pemuda Indonesia mengisi hari libur nasional ini dengan sesuatu yang bermakna dengan cara menggali, merasa-rasakan, dan memikirkan sejauh mana Pancasila sudah menjadi bagian dari hidup kita. Hal ini dijembatani dengan diadakannya acara ANGKRINGAN & OPEN-MIC PANCASILAdengan tema ”Mensyukuri Pancasila, Merawat Indonesia”. Acara yang diadakan di Lobby Auditorium USD mengusung konsep lesehan agar lebih merakyat dengan mahasiswa. Acara ini disambut baik oleh civitas Universitas Sanata Dharma, baik jajaran Rektorat, para Dosen, dan mahasiswa seperti yang disampaikan dalam sambutannya, Drs. Johanes Eka Priyatma, M.Sc., Ph.D. selaku Rektor USD memberi kesempatan kepada semua yang hadir untuk mengekspresikan gagasan terhadap eksistensi maupun nilai-nilai Pancasila sebagai bentuk proses untuk mengambil bagian dalam menghadapi semakin besar tantangan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia.

Kegiatan ini juga menghadirkan Dr. Anton Haryono, M.Hum. dosen dari Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Sanata Dharma yang turut menghidupkan suasana dengan membacakan ringkasan Pidato Ir. Soerkarno pada tanggal 1 Juni 1945 sebagai pembuka forum diskusi. Para peserta yang hadir dengan antusias mengutarakan pertanyaan dan tanggapannya mengenai Pancasila pada era ketika terbentuknya hingga pada era demokrasi saat ini. Acara diskusi yang berjalan dengan serius namun santai diselingi dengan buka bersama, dengan menu angkringan yang telah disiapkan oleh panitia dan dapat dikonsumsi oleh seluruh peserta yang hadir pada kegiatan tersebut.

Hadir dalam kegiatan ini membuat salah satu mahasiswa USD (Herlin, Pendidikan Fisika 2013) menemukan kembali rasa ke-Indonesiaannya di mana ia sempat merasa ragu terkait dengan peristiwa-peristiwa yang kini tengah terjadi di Indoensia. Melalui kegiatan ini pula, kita diajarkan untuk menerima dan mengaktualisasikan diri sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan kita sehari-hari. Mulai dari yang terkecil yaitu saling memanusiakan manusia yang ada di sekitar kita.

(PTK & YWAK)

<< kembali

FAKULTAS

Fakultas Ekonomi
Fakultas Farmasi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Psikologi
Fakultas Sains dan Teknologi
Fakultas Sastra
Fakultas Teologi
Program Pasca Sarjana

BIRO

Biro Administrasi Akademik
Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional
Biro Layanan Umum
Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi
Biro Keuangan
Biro Personalia
Biro Sarana dan Prasarana
Biro Hubungan Masyarakat

LEMBAGA

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Lembaga Bahasa
Lembaga Penjaminan Mutu

PROGRAM KURSUS BERSERTIFIKAT

English Extension Course
Pel. Kom. Interaktif Bhs Inggris P 60 Jam
Indonesian Language & Culture Intensive Course

LINK

Lembaga Studi Realino
ExeLSa
MonEvIn
Oriental Scholar
Politeknik Mekatronika Sanata Dharma
 

KONTAK

humas@usd.ac.id

USD WEB BADGE

WebBadge USD

JEJARING SOSIAL

Facebook Sanata Dharma Twitter Sanata Dharma Instagram Sanata Dharma
© 2017 - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  54.80.140.5: - 1310.3 ms  |   19 user(s) online