www.usd.ac.id
www.usd.ac.id
  Cerdas & Humanis
English Version  English Version
Loading
HOME TENTANG USD PENERIMAAN MAHASISWA BARU AKADEMIK
  Mail USD      Kontak
:: Berita Kegiatan
Psychology Scholarship Expo Fasilitasi Pencari Beasiswa
USD | 02 June 2017 | 09:38 WIB
  
<i>Psychology Scholarship Expo</i> Fasilitasi Pencari Beasiswa :: usd.ac.id

Pendidikan merupakan salah satu faktor penting untuk membangun suatu bangsa. Maka, setiap orang berhak memiliki kesempatan yang sama untuk mengenyam pendidikan setinggi-tingginya. Tentu hal itu mendorong siswa dan mahasiswa bahkan kalangan akademisi untuk berkuliah maupun melanjutkan studi di luar negeri. Sayangnya, faktor ekonomi menjadi kendala utama untuk mencapainya sedangkan informasi mengenai beasiswa pun juga sulit didapatkan.

BEM Fakultas Psikologi USD menjadikan persoalan yang dijumpai tersebut sebagai peluang untuk mengadakan pameran beasiswa, Psychology Scholarship Expo (PSX). Jumat, 26 Mei 2017, dimulai tepat pukul 09.00 WIB, PSX sukses diselenggarakan. Acara yang diadakan di Hall Kampus III USD ini terdiri atas tiga rangkaian utama acara: mini talkshow, scholarship expo, dan presentasi masing-masing lembaga/perusahaan penyedia beasiswa.

Mini talkshow yang dimoderatori oleh Maria Rosiana Sejahtera (Psikologi 2015) merupakan sharing dari lima pembicara yang dihadirkan. Dua di antaranya adalah dosen yang membagikan pengalaman dan memberikan tips-tips agar dapat menerima beasiswa kuliah di luar negeri: (1) Bapak I Made Andi Arsana, S.T., M.E., Ph.D., penerima beasiswa dari Australia Awards Scholarship yang sekarang merupakan dosen salah satu universitas negeri ternama di Yogyakarta dan (2) Edward Theodorus, M.App.Psy., penerima beasiswa pemerintah New Zealand yang sekarang merupakan dosen Psikologi USD. Tiga lainnya yang menjadi pembicara adalah alumni Psikologi USD, yakni: (1) Diana Permata Sari, S.Psi., M.Sc., penerima beasiswa pemerintah Belanda tahun 2015, (2) Herman Yosef Paryono, S.Psi., M. Sc., penerima beasiswa LPDP, (3) Putra Wiramuda, S.Psi., penerima beasiswa LPDP kuliah di dalam negeri yang kini tengah menjalankan S2 di UGM. Mereka bertiga menceritakan pengalaman mereka dalam mencari beasiswa dan menjalani perkuliahan di luar negeri.

Selain mini talkshow, panitia PSX memfasilitasi para peserta pameran dengan menghadirkan 8 lembaga/perusahaan penyedia beasiswa yakni, SUN Education Group, Brightstar Education, Naresy International Education Consultan (NIEC), LPDP, Australia Awards, IDP Education, Erasmus+, dan AS Student Service. Dengan tersedianya stand masing-masing lembaga penyedia beasiswa, peserta pameran bebas untuk bertanya langsung mengenai beasiswa.

Ditemui di tengah acara, Illona, pemilik nama lengkap Illona June W. (Psikologi 2014) selaku ketua panitia PSX berharap bahwa acara yang baru pertama kalinya diselenggarakan di Fakultas Psikologi ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi peserta pameran karena acara ini merupakan sarana bagi peserta pameran untuk bertemu dan bertanya secara langsung kepada pembicara ataupun lembaga penyedia beasiswa yang hadir. Walaupun acara ini diadakan oleh mahasiswa Psikologi USD, acara ini terbuka untuk umum. Nama acara “Psychology Scholarship Expo” karena ingin menunjukkan identitas mereka sebagai penyelenggara.

Peserta pameran ini dihadiri oleh siswa SMA/SMK dan mahasiwa USD maupun universias lain yang ada di Yogyakarta. Ervan (Farmasi 2015), salah satu peserta pameran dari USD mengatakan bahwa banyak mahasiswa yang belum mengetahui informasi tentang beasiswa untuk berkuliah di luar negeri, karenanya acara ini sangat baik bagi para pencari beasiswa. Memilih untuk melanjutkan kuliah di luar negeri, Ervan mengungkapkan bahwa dunia Farmasi lebih berkembang. Tentu ini menjadi lahan hijau baginya untuk mendapat pengetahuan yang mumpuni. Selanjutnya, ditemui setelah mendatangi salah satu stand lembaga penyedia beasiswa, Marista, mahasiswi Psikologi universitas swasta di Yogyakarta mengatakan dirinya tertarik mengikuti acara ini karena ingin mengetahui banyak informasi tentang beasiswa di luar negeri. Menurutnya, dengan berkuliah di luar negeri, dirinya bisa menambah pengalaman dan juga pengetahuan yang lebih luas.

Banyaknya peserta pameran yang hadir dari berbagai kalangan menunjukkan bahwa pameran beasiswaini sangat bermanfaat karena membantu peserta pameran dalam mendapatkan informasi mengenai beasiswa dalam melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. 

(MGAP & FBAP)

<< kembali

FAKULTAS

Fakultas Ekonomi
Fakultas Farmasi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Psikologi
Fakultas Sains dan Teknologi
Fakultas Sastra
Fakultas Teologi
Program Pasca Sarjana

BIRO

Biro Administrasi Akademik
Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional
Biro Layanan Umum
Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi
Biro Keuangan
Biro Personalia
Biro Sarana dan Prasarana
Biro Hubungan Masyarakat

LEMBAGA

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Lembaga Bahasa
Lembaga Penjaminan Mutu

PROGRAM KURSUS BERSERTIFIKAT

English Extension Course
Pel. Kom. Interaktif Bhs Inggris P 60 Jam
Indonesian Language & Culture Intensive Course

LINK

Lembaga Studi Realino
ExeLSa
MonEvIn
Oriental Scholar
Politeknik Mekatronika Sanata Dharma
 

KONTAK

humas@usd.ac.id

USD WEB BADGE

WebBadge USD

JEJARING SOSIAL

Facebook Sanata Dharma Twitter Sanata Dharma Instagram Sanata Dharma
© 2017 - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  54.198.247.44: - 1347.5 ms  |   11 user(s) online