www.usd.ac.id
www.usd.ac.id
  Cerdas & Humanis
English Version  English Version
Loading
HOME TENTANG USD PENERIMAAN MAHASISWA BARU AKADEMIK
  Mail USD      Kontak
:: Berita Kegiatan
Seminar Sanata Dharma Berbagi:
Sains dan Teknologi bagi Masyakarat yang Semakin Bermartabat
USD | 02 June 2017 | 09:28 WIB
  
Seminar Sanata Dharma Berbagi:<br>Sains dan Teknologi bagi Masyakarat yang Semakin Bermartabat :: usd.ac.id

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Sanata Dharma (USD) bekerjasama dengan Fakultas Sains dan Teknologi (FST) USD, pada Jumat (26/5) menyelenggarakan seminar dengan tema “Sains dan Teknologi bagi Masyakarat yang Semakin Bermartabat” di Kampus II USD. Pembicara dalam seminar adalah dosen FST USD yang baru saja menyelesaikan studi program doktornya, yaitu (1) Damar Widjaja, Ph.D.; (2) Dr. Y.B Lukiyanto; dan (3) Dr. Eng. I Made Wicaksana Ekaputra.

Kegiatan seminar yang dimoderatori oleh Budi Setyahandana, S.T., M.T, dosen Teknik Mesin ini dibagi menjadi 2 sesi utama. Sesi pertama adalah pemaparan disertasi ketiga pembicara, kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang dibagi menjadi 3 bagian.  Pak Damar memaparkan hasil disertasinya yang berjudul “Strategi Perbaikan Kinerja Sistem Telekomunikasi Menuju Generasi ke-5 (5G)”. Beliau memaparkan evolusi sistem telekomunikasi dari Generasi ke-1 sampai ke-5 yang akan luncur pada tahun 2020 mendatang. Kemudian disusul oleh  pemaparan tentang HetNet, alogaritma VHO, analisis kerja, tantangan non-teknis, dan peluang.

Pak Luki sebagai pembicara kedua memaparkan hasil disertasinya yang berjudul “Pemahaman Secondary Flow untuk Mendukung Peningkatan Pemanfaatan Energi Terbarukan”. Presentasi yang dibuka oleh ilustrasi global warming mengarah pada topik disertasinya, yakni energi terbarukan. Pemanfaatan sumber daya alam seperti angin dan air diharapkan dapat menghasilkan suatu energi yang baru guna menyelamatkan bumi dari global warming.

Sesi pertama ditutup oleh pemaparan disertasi Pak Made yang berjudul “Reliability Evaluation for Creep Rupture Life Prediction”. Presentasi yang didahului oleh definisi keandalan, penyebab kegagalan suatu produk, alasan prediksi umur melar serta sharing mengenai fasilitas selama penelitian di Korea ini memberikan gambaran sekaligus ajakan untuk melakukan penelitian bagi mahasiswa Strata 1. Pak made memaparkan bahwa  prediksi keandalan harus digunakan sebagai parameter yang paling prespektif dalam menentukan jenis material yang akan dipakai untuk membuat suatu sistem atau produk. Tidak hanya itu, Pak Made juga menjabarkan ilmu yang ia miliki mengenai nuklir yang telah didapatkan selama menempuh pendidikannya.

Selanjutnya, terdapat 8 orang penanya yang berkesempatan untuk melontarkan pertanyaan membangun terkait pemaparan setiap pembicara. Satu di antaranya adalah dosen Psikologi USD yang membagikan pengalaman penggunaan teknologi di Indonesia sampai di luar negeri, sekaligus ajakan untuk melakukan penelitian bersama terkait teknologi dan psikologi pengguna.

Pembicara seminar juga berharap untuk dapat melakukan penelitian bersama mengenai teknologi yang berkembang cepat. Seperti yang dikatakan oleh Rektor USD Johanes Eka Priyatma, M.Sc., Ph.D. dalam sambutannya saat membuka seminar, bahwa Seminar Sanata Dharma Berbagi diharapkan dapat membangun suasana akademik. “Saya juga  mendorong acara ini supaya berjalan rutin, sehingga dapat menghasilkan mahasiwa yang memiliki kualitas tinggi.” ujar Rektor.

(SV & NWD)

<< kembali

FAKULTAS

Fakultas Ekonomi
Fakultas Farmasi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Psikologi
Fakultas Sains dan Teknologi
Fakultas Sastra
Fakultas Teologi
Program Pasca Sarjana

BIRO

Biro Administrasi Akademik
Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional
Biro Layanan Umum
Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi
Biro Keuangan
Biro Personalia
Biro Sarana dan Prasarana
Biro Hubungan Masyarakat

LEMBAGA

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Lembaga Bahasa
Lembaga Penjaminan Mutu

PROGRAM KURSUS BERSERTIFIKAT

English Extension Course
Pel. Kom. Interaktif Bhs Inggris P 60 Jam
Indonesian Language & Culture Intensive Course

LINK

Lembaga Studi Realino
ExeLSa
MonEvIn
Oriental Scholar
Politeknik Mekatronika Sanata Dharma
 

KONTAK

humas@usd.ac.id

USD WEB BADGE

WebBadge USD

JEJARING SOSIAL

Facebook Sanata Dharma Twitter Sanata Dharma Instagram Sanata Dharma
© 2017 - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  54.198.247.44: - 1333.7 ms  |   11 user(s) online