www.usd.ac.id
www.usd.ac.id
  Cerdas & Humanis
English Version  English Version
Loading
HOME TENTANG USD PENERIMAAN MAHASISWA BARU AKADEMIK
  Mail USD      Kontak
:: Berita Kegiatan
PBI USD, Pemrakarsa Indonesian Extensive Reading Association
USD | 02 June 2017 | 09:20 WIB
  
PBI USD, Pemrakarsa <i>Indonesian Extensive Reading Association</i> :: usd.ac.id

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris USD serius menanggapi rendahnya minat baca masyarakat Indonesia. Hal itu ditunjukkan dengan terbentuknya Indonesian Extensive Reading Association (IERA), sebuah asosiasi yang berkecimpung di bidang Extensive Reading, yang dikoordinatori oleh dua dosen PBI USD yakni Yuseva Ariyani Iswandari, S.Pd., M.Ed. dan Christina Lhaksmita Anandari, Ed.M. Dengan dipercayai oleh Extensive Reading Foundation (ERF),sebuah yayasan non-profit internasional yang bertujuan memberi informasi praktis perihal extensive reading kepada guru-guru sekolah di banyak negara, PBI USD merupakan yang pertama membentuk IERA di Indonesia.

Belum banyak diketahui, pada Oktober 2016 IERA secara resmi dibentuk. PBI USD bekerjasama dengan ERF telah menandatangani MoU kesepakatan untuk mendirikan IERA. MoU ditandatangani oleh Wakil Rektor IV USD, F.X. Ouda Tena Ena, M.Pd., Ed.D. dan salah satu board members dari ERF, Prof. Rob Waring.

Sebagai langkah awal, IERA membangun sebuah perpustakaan yang terletak di ruang workstation PBI USD. Perpustakaan ini khusus berisi buku-buku berbahasa Inggirs (books for fun). ERF sendiri telah menyumbangkan sekitar 450 buku untuk perpustakaan yang akan dibuka pada awal semester depan, Agustus 2017. Diwawancari pada Jumat pagi, 26 Mei 2017, Ibu Yuseva menegaskan bahwa buku-buku berbahasa Inggris yang ada di perpustakaan IERA merupakan buku-buku yang menyenangkan dan dijamin menarik untuk dibaca. “Pokoknya ini reading for fun, bukan reading for grading,” ungkap Ibu  Yuseva saat ditemui di kantornya.

Dalam wawancaranya, Ibu Yuseva juga menceritakan awal mula keseriusannya untuk mendirikan IERA di PBI USD. Berawal dari mimpi supaya PBI memiliki perpustakaan non akademik (reading for fun) sehingga mahasiswa PBI maupun mahasiswa lain prodi memiliki reading corner untuk membaca di waktu luang dan keprihatinan terhadap tingkat literasi di Indonesia yang rendah, IERA didirikan. Beberapa waktu sebelum IERA didirikan, Ibu Yuseva dan Ibu Mita bertemu dengan Dr. Willy Renandya, salah satu board members dari ERF yang juga merupakan alumni PBI USD di Singapura. Cocok dengan apa yang diharapkan PBI USD, Dr. Willy Renandya menawarkan untuk menjadikan USD sebagai pioner yayasan extensive reading pertama di Indonesia. Keduanya menerima tawaran tersebut dan berkomitmen untuk mengembangkan IERA di PBI USD.

Untuk lebih menggiatkan informasi tentang IERA khususnya dalam meningkatkan extensive reading, siapa pun dapat mengakses laman Facebook IERA: Indonesian Extensive Reading Association. Semoga dengan adanya IERA dapat semakin meningkatkan minat baca mahasiswa dan USD.

 

(CAP & MGAP)

<< kembali

FAKULTAS

Fakultas Ekonomi
Fakultas Farmasi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Psikologi
Fakultas Sains dan Teknologi
Fakultas Sastra
Fakultas Teologi
Program Pasca Sarjana

BIRO

Biro Administrasi Akademik
Biro Kerjasama dan Hubungan Internasional
Biro Layanan Umum
Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi
Biro Keuangan
Biro Personalia
Biro Sarana dan Prasarana
Biro Hubungan Masyarakat

LEMBAGA

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Lembaga Bahasa
Lembaga Penjaminan Mutu

PROGRAM KURSUS BERSERTIFIKAT

English Extension Course
Pel. Kom. Interaktif Bhs Inggris P 60 Jam
Indonesian Language & Culture Intensive Course

LINK

Lembaga Studi Realino
ExeLSa
MonEvIn
Oriental Scholar
Politeknik Mekatronika Sanata Dharma
 

KONTAK

humas@usd.ac.id

USD WEB BADGE

WebBadge USD

JEJARING SOSIAL

Facebook Sanata Dharma Twitter Sanata Dharma Instagram Sanata Dharma
© 2017 - Universitas Sanata Dharma Yogyakarta  |  54.81.178.153: - 1927.1 ms  |   36 user(s) online