Universitas Sanata Dharma : www.usd.ac.id

Universitas Sanata Dharma

Biro Kerjasama dan Hubungan Luar Negeri

HomeProfileBeritaAgendaLowongan KerjaRegistrasiKontak

 PROFILE

Pengantar .
International Students .
International Students
International Students :: Biro Kerjasama dan Hubungan Luar Negeri

Yang disebut mahasiswa asing adalah semua yang tidak berkewarganegaraan Indonesia (termasuk Timor Leste).

Mahasiswa asing terbagi menjadi  2 (dua) jenis:
1.Mahasiswa reguler (untuk program S1 dan S2  program bergelar)
2.Mahasiswa non-reguler (untuk program non gelar seperti program ILCIC - Indonesian Language and Culture Intensive Course, program JLCIC - Javanese Language and Culture Intensive Course, Darmasiswa, KKN Internasional, KKP Internasional, SLP - Service Learning Program, Visiting Student, Internship Student, Exchanged Student dan Study Abroad Program)

MAHASISWA ASING REGULER
Prosedur seleksi


Semua calon mahasiswa Universitas Sanata Dharma reguler harus melalui tes seleksi (kecuali untuk prodi PBI, Sastra Inggris, dan KBI). Berhubung semua perkuliahan diberikan dalam bahasa Indonesia (kecuali untuk tiga prodi yang disebut sebelumnya), maka semua calon mahasiswa asing yang mendaftar untuk program studi di luar PBI, Sastra Inggris, dan KBI, wajib memiliki kemampuan berbahasa Indonesia yang mencukupi untuk mengikuti perkuliahan. Sebagai buktinya, calon mahasiswa asing reguler wajib melampirkan (pilih salah satu):
1.Bukti bahwa bahasa Indonesia adalah bahasa pengantar di sekolah terakhirnya.
2.Bukti bahwa calon mahasiswa sudah lulus tes kemampuan berbahasa Indonesia yang diselenggarakan Lembaga Bahasa (LB).

Calon mahasiswa asing reguler yang belum memiliki kemampuan bahasa sesuai dengan standar untuk mengikuti perkuliahan, disarankan untuk mengambil kursus bahasa Indonesia intensif di ILCIC (dengan biaya sendiri).

Khusus untuk calon mahasiswa asing yang mendaftar untuk program studi PBI dan Sastra Inggris, tidak perlu  mengikuti tes masuk dan tidak perlu melampirkan bukti kemampuan berbahasa Indonesia, tetapi wajib melampirkan nilai Institutional TOEFL minimal 400. Bagi yang belum memiliki nilai Institutional TOEFL, bisa mengikuti tes Institutional TOEFL di LB (dengan biaya sendiri).

Hanya calon mahasiswa yang memenuhi syarat akademik dan bahasa sesuai dengan standar yang ditetapkan prodi yang lolos seleksi. Calon mahasiswa asing juga harus bersedia mematuhi peraturan pendidikan yang ditetapkan pemerintah Indonesia dan USD.