Universitas Sanata Dharma : www.usd.ac.id

Biro Administrasi Perencanaan
dan Sistem Informasi

HOMEPROFILESTAFFFASILITASAGENDATUTORIALBERITA & INFODOWNLOADSOPKONTAK

TUTORIAL

hal.   1 
Sistem Poin Kegiatan Kemahasiswaan

Perekaman Kegiatan Kemahasiswaan terdapat 3 jenis kegiatan kemahasiswaan:

1. Kegiatan Kemahasiswaan

Mahasiswa menginputkan pendaftaran pelaku kegiatan kemahasiswaan pada Fitur Pengelolaan Pelaku Kegiatan. 

2. Asistensi

Mahasiswa menginputkan pendaftaran pelaku Asistensi pada Fitur Pengelolaan Pelaku Asistensi. 

3. Organisasi

Mahasiswa menginputkan pendaftaran sebagai anggota Organisasi pada Fitur Pengelolaan Pendartar Organisasi.  

 

Fitur Daftar Poin digunakan untuk melihat daftar Kegiatan Kemahasiswaan yang sudah direkam dan diverifikasi oleh DPA. Berikut penjelasan masing-masing menu:

1. Menu Pengelolaan Kegiatan

Menu ini digunakan untuk mendaftar pelaku kegiatan sesuai peran yang diikuti mahasiswa.  

Mencari Kegiatan

Lakukan pencarian data kegiatan pada Penel Pencarian Kegiatan. Pencarian dapat dilakukan dengan memilih Jenis Kegiatan atau memasukkan kata kunci Nama Kegiatan, kemudian untuk menampilkan hasil pencarian klik tombol Cari.

Untuk pencarian yang lebih spesifik, pilih link Pencarian Lebih Spesifik.  

Hasil Pencarian adalah Daftar Kegiatan yang sudah diverifikasi

Jika Data Kegiatan yang akan dipilih tidak ada didalam daftar, maka klik link Tambah Kegiatan, untuk menambahkan kegiatan baru.

Data Kegiatan yang tersimpan status verifiaksi adalah N, artinya kegiatan tersebut diverifiaksi sehingga tidak muncul pada pencarian Daftar Kegiatan. Sehingga mahasiswa belum bisa mendaftar sebagai Pelaku Kegiatan. Untuk itu lapor ke DPA atau Kaprodi supaya kegiatan baru mendapat verifikasi.

 

Memasukkan Peran dan Nomor Sertifikat

Setelah memilih kegiatan, pilih peran dengan melakukan pencarian yang sesuai. Isikan Nomor Sertifikat, kemudian klik tombol Simpan. Tombol Batal untuk membersihkan tampilan.

 

2. Pengelolaan Pelaku Organisasi

Fitur ini digunakan untuk mendaftar sebagai anggota organisasi yang diikuti mahasiswa.

Mencari Organisasi 

Lakukan pencarian data organisasi sesuai kata kunci atau menampilkan seluruh organisasi dengan klik tombol Cari. Kemudian pilih salah satu daftar organisasi yang tertampil dengan mengeklik salah satu baris daftar organisasi. Kemudian isikan Peran dan nomor Sertifikat.

Jika Organisasi yang dipilih tidak ada lam daftar, klik link Tambah Organisasi, untuk menmabah data kegiatan yang baru.

Data organisasi yang tersimpan berstatus N, artinya organisasi tersebut belum diverifikasi. Untuk itu diminta lapor ke DPA atau Kaprodi untuk minta verifikasi organisasi yang dimasukkan.

Data Periode organisasi yang tersimpan berstatus Verifikasi N, artinya periode oraganisasi tersebut belum diverifikasi, sehingga belum bisa mendaftar sebagai pelaku organisasi pada periode tersebut (Pemasukkan peran dan nomor sertifikat belum bisa). Untuk itu lapor ke Kaprodi atau DPA untuk verifikasi periode organisasi yang baru dimasukkan.

 

Memasukkan Peran dan Nomor Sertifikat

Setelah memilih kegiatan, pilih Peran dengan melakukan pencarian yang sesuai. Isikan nomor sertifikat, kemudian klik tombol Simpan. Tombol Batal untuk membersihkan tampilan.

        

3. Pengelolaan Pelaku Asistensi

Fitur ini digunakan untuk mendaftar Asistensi yang diikuti oleh mahasiswa.

Mencari Asistensi

Lakukan pencarian data Asistensi dengan memilih Program Studi atau memasukkan kata kunci matakuliah dan klik Cari, untuk menampilkan hasil pencarian. Untuk pencarian yang lebih lengkap klik Pencarian Lebih Spesifik. Pilih salah satu asisten yang diikuti dengan mengeklik pada baris yang sesuai.

Mengisi Nomor Sertifikat

Memasukkan nomor sertifikat kemudian klik tombol Simpan. Tombol Batal untuk membersihkan tampilan.

 

Daftar Poin

Daftar Poin digunakan untuk melihat Daftar Kegiatan dan Poin yang diikuti oleh mahasiswa, baik yang sudah diverifikasi maupun yang belum diverifikasi. dapat dijuga digunakan untuk mencetak daftar poin yang sudah diverifikasi.